Rizky R. Badjuri: Berharap Petani Kopi, Bisa Ada Tempat Untuk Pemasaran - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

24 January 2023

Rizky R. Badjuri: Berharap Petani Kopi, Bisa Ada Tempat Untuk Pemasaran




PALANGKA RAYA - Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Rizky R. Badjuri mengatakan, sejauh ini petani kopi di Kalimantan Tengah sendiri tentunya ada, tapi saat ini masalahnya adalah petani masih bingung terkait tempat untuk pemasaran.

"Sebab tidak mungkin, petani sudah berusaha dalam menanam kopi, dan tiba musim panen malah bingung kemana harus menjual hasil kopi tersebut," katanya.

Menurutnya, petani ini harus ada pegangan, jangan sampai mereka menanam kopi, tidak ada tempat lokasi menjualnya dan ini yang saat ini masih diupayakan oleh Dinas Perkebunan sendiri.

"Kalau dikatakan produksi kopi daerah kita disini ada beberapa jenis, baik itu kopi robusta, ada kopi arabika, cuman masalah yang dihadapi trend pasaran masih bingung untuk kemasannya seperti apa, terus marketnya seperti apa dimana dan sebagainya," tuturnya.

Selain itu, Rizky juga berharap dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan dan Kalteng sebagai penyangga IKN, otomatis tanaman yang ada di Kalteng akan mampu mendongkrak dan dibutuhkan hasilnya.

"Adapun untuk luas kebun kopi yang ada di Kalteng sendiri ada berjumlah 2.366 Ha dengan penyebaran di 5 kabupaten terluas adalah Kabupaten Kapuas 488,56 Ha, Pulang Pisau 408 Ha, Kotawaringin Barat 293,15 Ha, Kotawaringin Timur 289,61 Ha, dan Murung Raya 273,89 Ha," lanjutnya. 

"Kita berharap, para petani kopi ini, bisa memiliki tempat untuk pemasaran di daerah Kalimantan Tengah, agar saat panen tiba mereka tidak bingung saat ini," pungkasnya. (red).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda