Pemerintah Kota Palangka Raya Gelar Panen Raya Padi, Cabai, dan Melon Hidroponik - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

07 June 2024

Pemerintah Kota Palangka Raya Gelar Panen Raya Padi, Cabai, dan Melon Hidroponik

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota menyelenggarakan acara Panen Raya Padi, Cabai, dan Melon Hidroponik yang berlangsung di halaman belakang Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota di Jalan Ir. Soekarno. 

Acara ini dihadiri oleh PJ Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu, seluruh kepala SKPD, asisten dan staf ahli, serta perwakilan dari Sekwan DPRD Kota dan Bank Indonesia.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sugianto, menjelaskan bahwa tanaman padi yang dipanen ditanam sejak awal Januari 2024.

"Tanaman cabai ditanam pada 23 Januari 2024 dengan jumlah 1000 pohon. Kami juga memanen padi varietas Siam Madu yang merupakan panen kedua dengan luas tanam mencapai 4 hektar, dan di belakang kantor ini seluas 1 hektar," ujarnya, Jumat (7/6/2024) 

Sugianto juga mengungkapkan bahwa hari ini juga dilakukan panen Melon Hidroponik yang ditanam oleh para petani milenial di Jalan G. Obos XX Kota Palangka Raya. 

"Pada tahun ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga akan menanam tanaman shogun seluas 3 hektar di Kecamatan Bukit Batu," tambahnya.

Sementara itu, Pj Walikota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, dalam sambutannya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota. 

"Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan dapat menjadi contoh untuk tanaman padi, hortikultura, dan tanaman lainnya, serta akan kita kembangkan di area perkantoran lingkar dalam," katanya.

Hera juga menekankan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah akan menjadi salah satu penyangga ketahanan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Kita berharap dengan adanya penanaman padi, cabai, dan melon ini nantinya akan menjadi percontohan dan edukasi untuk para petani milenial," jelasnya.

Sebagai penutup, Hera meminta agar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan secara masif mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat Kota Palangka Raya untuk bertanam di halaman rumah mereka meskipun dalam skala kecil sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi keluarga mereka.

Acara panen ini diharapkan menjadi momentum penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian di Kota Palangka Raya dan mendukung ketahanan pangan nasional. 

Pewarta : Andi Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda