Sekda Kalteng Dampingi Sekjen Kementan RI Tinjau Lokasi Kawasan Food Estate Kab. Kapuas - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

13 February 2021

Sekda Kalteng Dampingi Sekjen Kementan RI Tinjau Lokasi Kawasan Food Estate Kab. Kapuas



Palangka Raya - Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, bersama Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait dan Forkopimda Kabupaten Kapuas mendampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Momon Rusmono melakukan peninjauan di lokasi Pengembangan kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Jumat (12/02/2021).

Akibat curah hujan yang tinggi, di sekitar lahan Food Estate mengalami banjir,  Sekjen Kementerian Pertanian RI Momon Rusmono mengatakan pihaknya akan melakukan penambahan pompa untuk untuk penanganan air agar cepat surut.

Untuk target penambahan pompa akan dilakukan sesegera mungkin, besok kita koordinasi apakah yang ada di sekitar Kalimantan Tengah atau kalimantan Selatan bisa kita tarik dulu atau kita datangkan dari Surabaya atau Jakarta”, ucap Momon Rusmono.

Momon Rusmono mengatakan akan melakukan koordinasi terkait perkembangan kawasan Food Estate di Kecamatan Dadahup termasuk masalah air dan percepatan tanam untuk target 20.000 Ha untuk Tahun 2021 ini bisa segera terlaksana paling lambat akhir april 2021 sudah selesai.

"Dari target 20.000 Ha, hanya 9.000-10.000 Ha yang sudah siap tanam. Masih ada 10.000 lagi, kita targetkan paling lambat akhir April selesai”, ucapnya.

Lebih lanjut Momon Rusmono menyampaikan, sebagai tindak lanjut peninjauan di Kecamatan Dadahup, pihaknya juga akan melakukan koordinasi terkait dengan irigasi.

“Irigasi merupakan kewenangan PUPR, terutama BPBS, besok BPBS akan hadir, kita carikan solusi sehingga air segera surut”, pungkasnya.  #liputansbm

Penulis : Andy Ariyanto
Sumber  : MMC Kalteng

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda