Pembahasan Deklarasi Dan Pelantikan FSPIP KASBI PUK PT. PWI Jepara - Liputan Sbm

10 October 2021

Pembahasan Deklarasi Dan Pelantikan FSPIP KASBI PUK PT. PWI Jepara



Jepara - Serikat pekerja yang tergabung dalam organisasi buruh melaksanakan Rapat Koordinasi persiapan untuk mempercepat agenda acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus PUK FSPIP KASBI PT. PWI Jepara. Organisasi buruh seperti Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan (FSPIP) Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) terus matangkan untuk Deklarasi dan Pelantikan pengurus Pimpinan Unit Kerja (PUK) Kasbi yang sudah terbentuk di PT. Parkland World Indonesia (PWI) Jepara. Giat acara tersebut dilaksanakan di Balai Desa Pelang Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Sabtu (9/10/2021). 


Rapat Koordinasi Deklarasi dan Pelantikan tersebut dihadiri pengurus struktural Kasbi PUK PT. PWI Jepara. Ikut hadir, Petinggi Desa Pelang, Abdur Rajab. Tokoh pemuda, Wawan. Ketua Lsm Pelita, Puji Sumono.


Wakil Ketua PUK Kasbi PT. PWI Jepara, Runan dalam kata sambutan mengatakan "pertama kami sangat berterima kasih atas loyalitas kawan-kawan pekerja serta dukungan dari bapak Abdur Rajab Petinggi Pelang, mas Wawan tokoh pemuda dan Ketua Lsm Pelita, Puji Sumono. Selama ini telah mensupport dan mengawal mulai pendaftaran pencatatan pada tanggal 30/8/2021 sampai disahkan secara resmi diterbitkan bukti pencatatan oleh Disnaker Jepara No : 82/OP-SP/DAFT/IX/2021 tanggal 16/9/2021. Ini hal yang luar biasa, waktu kurang dari 21 hari sesuai perintah KEP.16/MEN/2001 tentang Tata Cara Pencatatan Serikat Pekerja/Buruh". kata Runan.


"Disnaker Jepara telah menerbitkan bukti pencatatan PUK Kasbi PT. PWI Jepara. Kita bisa mulai tugas melaksanakan kegiatan Serikat Pekerja sesuai dengan UU No 21 tahun 2000. Sesuai Visi Kasbi dalam AD/ART untuk Memperjuangkan dan Membela Kepentingan pekerja dan keluarganya yang diperlakukan secara adil, hidup sejahtera dan bermartabat”.tambah Runan lagi.


Lebih lanjut Runan menjelaskan "bukan tanpa kendala dalam pembentukan FSPIP KASBI di PT. PWI Jepara, rintangan, tantangan dari Internal dan External datang bertubi tubi. Hal itu menjadikan semakin solidnya tim dalam menyelesaikan berbagai kendala seperti syarat-syarat untuk kelengkapan Disnaker Jepara untuk membentuk dan menerbitkan Bukti Pencatatan FSPIP KASBI PT. PWI Jepara". lanjut Runan.


"pertama yang perlu kita siapkan dalam Deklarasi dan Pelantikan adalah anggaran biaya, tempat lokasi, undangan, izin,  akomodasi dan publikasi. Kami butuh saran dan masukan dari kawan-kawan, bapak Petinggi dan pak puji". harap Runan.


Di acara yang sama Petinggi Pelang, Abdur Rajab mengatakan "kami sangat mendukung adanya PUK Kasbi di PT. PWI Jepara. Sebagai langkah awal untuk menjembatani pada PT. PWI Jepara tentang komitmen rekrutmen pekerja dengan kuota 50 persen lewat Pemdes. Termasuk program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa kegiatan-kegiatan bagi masyarakat desa penyangga". kata Petinggi.


Sementara Lsm Pelita menyoroti adanya penyimpangan yang dilakukan manajemen yang merugikan pekerja. "untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas, perlu disiapkan tenaga kerja yang siap pakai sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk itu perlu dibuatkan Balai Latihan Kerja (BLK). Kedepan bisa dibuat acuan rekomendasi untuk recruitment pekerja". ujar ketua Lsm Pelita. 


Ketua PUK Kasbi PT. PWI Jepara, Wahid dalam menanggapi usulan dan saran dari kawan-kawan, Petinggi dan Lsm Pelita mengatakan "kami atas nama PUK Kasbi PT. PWI Jepara bersyukur dan terima kasih kepada tim. Karena solid dan kekompakannya, bisa terwujud terbentuknya PUK Kasbi di PT. PWI Jepara. Kedepan, setelah Deklarasi dan Pelantikan kita akan rumuskan 100 hari kerja sebagai dasar memperjuangkan dan mewujudkan kesejahteraan anggota Kasbi di PT. PWI Jepara". tandas Wahid. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda