Dinas PMD Kalteng Gelar Rakernis Program dan Kegiatan Tahun 2023 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

31 January 2023

Dinas PMD Kalteng Gelar Rakernis Program dan Kegiatan Tahun 2023




PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis, Program dan Kegiatan Tahun 2023.

Kegiatan yang mengusung tema "Sinergitas Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kalteng Makin Berkah" ini dilaksanakan di Aula Lewu Pancasila Berkah, Kantor Dinas PMDes Provinsi Kalteng, Senin (31/1/2023).

"Adapun salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini, adalah terwujudnya program pemberdayaan masyarakat Desa yang efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah," ujar Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng, Aryawan dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan terwujudnya program tersebut harapannya dapat meningkatkan kondusifitas di Provinsi Kalteng, melalui pemenuhan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu pihaknya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu langkah untuk membahas perencanaan, program dan bagaimana pelaksanaannya kedepan.

Selain itu, dia juga berharap nantinya pelaksanaan kegiatan tersebut bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Sehingga sampai pada tahapan mulai dari program, penganggaran hingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan sebagimana mestinya, khususnya bagi Dinas terkait di 14 Kabupaten/Kota di Kalteng.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Kalteng, Leonard S. Ampung dalam sambutannya mengatakan bahwa program pembangunan daerah merupakan sebuah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen, baik dari pemerintah pada sisi fasilitas dan pelayanan maupun partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Tidak terkecuali Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Leonard juga menyampaikan, Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah sesuai tugas dan fungsinya, yaitu meningkatkan kondisivitas daerah melalui kebutuhan dasar dan pengurangan kemiskinan masyarakat, pemenuhan melalui peningkatan kapasitas aparatur desa, peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa, optimalisasi lembaga desa dan UMKM dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat serta peningkatan pemanfaatan potensi desa.

"Rakernis yang kita laksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa baik lingkup di provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengembangkan wawasan seputar urusan pemberdayaan masyarakat dan desa," ungkapnya.

Oleh karena itu, Leonard berharap momentum ini diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk bersinergi dan berdiskusi terkait berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa untuk memperkuat komitmen bersama dari segi perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan serta menetapkan langkah-langkah ke depan sebagai bagian dari program secara berkesinambungan, yang diharapkan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa tersebut dapat terwujud secara efektif dan efisien.

"Dalam kesempatan ini juga saya meminta kepada seluruh stakeholders, baik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa maupun instansi lainnya yang terkait, dapat terus bekerja sama dalam upaya mengoptimalkan pencapaian peningkatan pembangunan guna mewujudkan Kalimantan Tengah makin berkah," demikian Leonard.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda