Dinas PMD Kalteng Laksanakan Pelatihan Aplikasi SIPADES Versi 2.0 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

13 March 2023

Dinas PMD Kalteng Laksanakan Pelatihan Aplikasi SIPADES Versi 2.0




PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan pelatihan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES Versi 2.0).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Katma F. Dirun ini dilaksanakan di Meeting Room Kahayan 3, Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Senin (13/3/2023).

"Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan Aplikasi SIPADES versi 2.0 ini adalah untuk memberikan keseragaman dalam penatausahaan aset desa agar terwujud tertib administrasi pengelolaan aset desa, dengan cara penggolongan dan kodefikasi aset desa," kata Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan dalam laporannya pada kegiatan tersebut.

Selain itu dikatakan Aryawan bahwa, kegiatan pelatihan tersebut sebagai acuan dalam pengelolaan aset desa di lingkungan Pemerintahan Desa sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna, seragam dan terpadu.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para Operator Sipades di Desa yang telah ditunjuk menangani aset desa," ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut Aryawan berharap nantinya ada kesamaan persepsi terhadap Kebijakan Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri yang mengatur tentang desa. Sinergitas Pembinaan oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan Menteri dimaksud serta meningkatnya kapasitas para Operator Sipades di Desa dalam rangka Pengelolaan Aset Desa dengan SIPADES versi 2.0.

Diketahui bahwa, peserta SIPADES versi 2.0 terdiri dari para Operator SIPADES di Desa yang berjumlah 162 orang yang dibagi dalam 3 (tiga) angkatan yang mana angkatan I berjumlah 62 orang yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Maret 2023, angkatan II berjumlah 50 orang yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Maret 2023 dan angkatan III berjumlah 50 orang yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Maret 2023. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara bergelombang mengingat bahwa sistem aplikasi yang dibangun menggunakan jaringan internet sehingga tidak memungkinkan untuk diakses secara bersama-sama oleh peserta yang berjumlah banyak.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi, Peran Provinsi dan Kabupaten dalam Implementasi SIPADES, Konsolidasi Pendistribusian Akses SIPADES, Manajemen dan Kodefikasi Aset Desa, Pembukuan Barang Milik Desa, Pelaporan Barang Milik Desa, Praktek Penatausahaan Barang Milik Desa dengan Aplikasi SIPADES dan Perumusan Kesepakatan RKTL.

Sementara itu, Asisten Pemkesra Katma F. Dirun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada perangkat desa khususnya operator Sipades dan juga kepada Dinas PMD Provinsi Kalteng atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Kami yakin, setelah pulang dari kegiatan ini para operator/admin SIPADES akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru serta dapat meningkatkan kinerjanya," demikian Katma.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda