Lurah Pahandut Dukung Program Proklim - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

30 May 2023

Lurah Pahandut Dukung Program Proklim

PALANGKA RAYA - Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Lurah Pahandut Ahmad Reza mengatakan akan mendukung program kampung iklim ini. 

"Kita mendukung program kampung iklim yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Untuk Proklim, Kelurahan Pahandut akan berkoordinasi dengan DLH tentang program apa saja yang perlu dan akan disosialisasikan kepada setiap warga melalui RT/RW," ucap Lurah Pahandut, Ahmad Reza saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan Sosialisasi Kampung Iklim yang dilaksanakan DLH Kota Palangka Raya di Aula Hotel Batu Suli Palangka Raya. Selasa (30/5/2023).

Selain itu, Reza juga berbicara tentang kendala sampah yang sering menjadi permasalahan utama di kelurahan Pahandut. Reza menyebut, Kelurahan Pahandut tetap memerlukan dukungan pemerintah karena kalau dari kelurahan sendiri yang melakukannya akan berat dikarenakan dana terbatas. 

"Kita sudah sering mensosialisasikan tentang sampah ini ke setiap RT dan RW, agar dapat memberitahukan kepada warga tentang pengelolaan sampah terutama jangan membuang sampah ke sembarang tempat di sekitar lingkungan tempat mereka," jelasnya. 

Lebih lanjut Reza mengungkapkan kendala tentang pengelolaan sampah di kelurahan pahandut selain di setiap tempat harus ada tempat pembuangan sampah sementara, tetapi juga bila Sungai Kahayan meluap sampah-sampah akan masuk ke pemukiman penduduk hal inilah yang perlu menjadi perhatian dan PR Kelurahan Pahandut. 

"Beberapa minggu yang lalu kita sudah mencoba mencari solusi tentang penanganan sampah di kelurahan Pahandut yakni dengan cara pembuatan Ringroad dari mulai paling ujung Panarung bawah sampai ke Puntun. Apabila hal ini dapat terealisasi maka hal ini dapat menahan luapan air kahayan sehingga mengurangi banjir dan lebih mudah dalam penanganan sampahnya," ungkap Reza.

Reza juga mengatakan bahwa yang menjadi program pertama saat menjadi lurah Pahandut yakni adalah bagaimana bisa membuat wilayah Pahandut ini kondusif yakni keamanan, kenyamanan dan ketertiban.

"Karena kalau keadaan tidak kondusif akan sangat sulit untuk menjalankan program-program dan juga untuk mensosialisasikan tentang kesenjangan sosial, narkoba dan lainnya," tuturnya.

Dikatakan Reza bahwa saat ini pihaknya terus-menerus secara persuasif memberitahukan dan mensosialisasikan program-program pemerintah kota. "Sudah menjadi tugas kita sebagai lurah agar dapat memberikan pemahaman-pemahaman yang bisa dimengerti oleh mereka," pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda