DAD – Batamad Se-Kalteng Gelar Raker Sekaligus Pengukuhan dan Pelantikan Panglima Batamad Kalteng - Liputan Sbm

02 October 2020

DAD – Batamad Se-Kalteng Gelar Raker Sekaligus Pengukuhan dan Pelantikan Panglima Batamad Kalteng


PALANGKA RAYA - Barisan Pertahan Masyarakat Adat (BATAMAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat kerja  pengukuhan dan pelantikan panglima Batamad Se-Kalteng, rapat kerja ini dilaksanakan di Betang Hapakat Jl. RTA Milono, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamis (01/10/2020) siang.

Untuk diketahui, peran dan fungsi Batamad adalah sebagai wadah pasukan adat Dayak bertugas, memelihara, menjaga, mengamankan adat istiadat, kearifan lokal  Dayak sebagai sumber inspirasi dan eksistensi hukum adat dalam Huma Betang dan falsafah moral dan moril Isen Mulang.

Agenda Rapat Kerja ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 1 sampai dengan 3 Oktober 2020.

Ketua Umum DAD Kalteng yang juga sebagai Panglima Tinggi Batamad Kalteng H. Agustiar Sabran, S.Kom Menyampaikan dalam Raker DAD – BATAMAD adalah salah satu bentuk kebersamaan orang Dayak untuk mempertahankan harkat dan martabat serta menjaga kearifan lokal yang wajib dihormati oleh semua orang Dayak.

Batamad sendiri merupakan lembaga adat yang menjaga Kamtibmas sesuai dengan Filosofi Huma Betang yang menjadi dasar untuk hidup bersama dengan siapa saja tanpa memandang Suku, Agama dan Ras.

Paglima Tertinggi Batamad Kalteng juga sangat mengharapkan kepada Panglima Tinggi Batamad Kalteng saudara Yuandrias, Dipl, PSC, MA untuk membawa organisasi ini dalam ranah menjaga persatuan dan kesatuan untuk keamanan, ketertiban dalam kehidupan orang dayak di Kalteng.

“Saya selaku Panglima Tertinggi Batamad menghimbau kepada masyarakat agar kita sebagai orang Dayak mampu memberikan kontribusi nyata dan sebagai inisiantor dalam membangun Kalimantan Tengah kearah yang lebih baik lagi,” demikian Agustiar.
# liputansbm


Penulis : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda