Raker DAD BATAMAD Kalteng Dibuka Dengan Ritual Adat Lawang Sekepeng - Liputan Sbm

02 October 2020

Raker DAD BATAMAD Kalteng Dibuka Dengan Ritual Adat Lawang Sekepeng


PALANGKA RAYA - Rapat Kerja (Raker) DAD-BATAMAD Se Kalimantan Tengah yang di mulai dengan acara ritual adat lawang Sekepeng.

Untuk diketahui Lawang Sekepeng adalah atraksi silat dari suku Dayak Ngaju dari provinsi Kalimantan Tengah. Lawang artinya pintu atau gapura dan sakepeng berarti satu keping. Lawang sakepeng sering diperagakan pada upacara adat baik untuk menyambut tamu maupun acara perkawinan yang merupakan ritual adat adat suku dayak.

Kegiatan Raker DAD – Batamad Kalteng ini dihadiri oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng H. Agustiar Sabran dan juga para pengurus DAD – Batamad Se Kalteng, Pada Kamis (1/10/2020) berlokasi berlokasi Huma Betang Kota Palangka Raya.

Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran dalam sambutannya mengatakan bahwa semua anggota DAD-BATAMAD Kalteng wajib hukumnya selalu bersinergi dengan aparat keamanan setempat di dalam menciptakan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Apa lagi di 9 Desember 2020 ini seluruh warga yang sudah masuk di daftar pemilih akan memberikan suara kepada paslon tertentu.

Setiap tahapan Pilkada Kalteng tentunya wajib dijaga ketat agar Kamtibmas terus bisa terjaga dengan baik pula. Urusan Kamtibmas semua anggota Batamad Se Kalteng dimana pun berada wajib terus mengawal baik pada saat tidak Pilkada Kalteng maupun pada tahapan Pilkada Kalteng berjalan dengan prosesnya.

“Saya tegaskan anggota Batamad Se Kalteng untuk bersinergi dengan pihak aparat Kepolisian, TNI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan juga pihak penyelengara Pilkada bersama menjaga Kamtibmas di wilayah Kalteng,” pungkas H. Agustiar Sabran dalam sambutan acara pembukaan Raker DAD Batamad Kalteng kemarin. #liputansbm



Penulis : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda