Proses Acara Tolak Bala, Babinsa dan Babinkamtibmas Tetap Himbau Prokes Kesehatan Covid-19 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

05 March 2021

Proses Acara Tolak Bala, Babinsa dan Babinkamtibmas Tetap Himbau Prokes Kesehatan Covid-19





Palangka Raya - Banyak cara manusia untuk memohon keselamatan, perlindungan dan keamanan kepada TUHAN YME, salah satunya adalah acara tolak bala yang dilaksanakan oleh warga RT 1 sampai 4, Tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pemuda hingga remaja di wilayah kelurahan Petuk Katimpun Km 10 jalan Cilik Riwut Kecamatan Jekan Raya, kamis malam 04/03/2021. 


Sebagai aparat yang bertugas di kewilayahan, peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah menciptakan kamtibmas di wilayah, salah satunya ikut serta dalam mengamankan pelaksanaan acara tolak bala untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT di wilayah binaan. 


Diketahui, acara tolak bala ini dilakukan dengan berjalan kaki sambil membawa obor, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 kilometer, disertai lantunan dzikir “Laa ilaaha illallah” dari titik awal sampai akhir, dan pada titik tertentu juga dikumandangkan azan berikut diisi dengan bacaan ayat suci Alquran dan doa. 


Pada kesempatan ini Ustad Supiani selaku pimpinan acara mengatakan, dengan adanya kegiatan itu, warga Katimpun khususnya dan Kota Palangka Raya umumnya terhindar dari bala bencana. “Kita yakin dan percaya bahwa bala bencana ini pasti Allah turunkan. Oleh karena itu, kami warga Kelurahan Petuk Katimpun bersama Babinsa dan dari pihak kepolisian bisa bekerja sama menyukseskan kegiatan ini,” ungkapnya. 


Tampak Babinsa Petuk Katimpun, Koramil 1016-01/Pahandut, Pelda Nurkholis dan Bhabinkamtibmas, Edris turut memantau dan mengamankan jalannya kegiatan. Ada juga anggota Kodim 1016/Plk Koptu Agung Setiawan yang berdomisili di wilayah tersebut ikut andil membantu pengamanan. 


Babinsa Pelda Nurkholis pada kesempatan tersebut menekankan kepada warganya, agar mengutamakan faktor keamanan selama kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


"Demi suksesnya acara, kami harap warga tertib dan utamakan faktor keselamatan, dan kami juga bagikan masker kepada warga, serta mengedukasi agar selalu disiplin dan jangan kendor dalam penerapan protokol kesehatan," harapnya. 


Kegiatan yang berlangsung pukul 19.20 wib hingga 21.00 wib ini diakhiri dengan doa bersama dilanjutkan makan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas suksesnya acara tersebut. #liputansbm


Sumber : Pendim 1016/Plk


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda