Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir di Kabupaten Katingan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

14 September 2021

Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir di Kabupaten Katingan



Kalteng - Memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini tertimpa musibah yakni banjir adalah suatu wujud kepedulian kita kepada mereka, bencana banjir yang beberapa hari ini melanda provinsi Kalimantan Tengah khususnya di kabupaten Katingan, dimana menimpa beberapa kecamatan yaitu, kecamatan pulau malan,kecamatan tewang sangalang garing,kecamatan katingan tengah dan kecamatan sanaman Mantikei. Untuk dapat meringankan beban masyarakat Kabupaten Katingan maka BATAMAD Provinsi dan BATAMAD Kab. Katingan laksanakan bakti sosial dengan memberikan bantuan berupa bahan pokok beras dan sembako, “Senin (13/09/2021).


Saat diwawancarai oleh awak media Korlap BATAMAD: Pdt. Bobo Wanto Baddak serta laporan dari ibu Irianty (Bendahara BATAMAD) didapat  keterangan bahwa kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh pengurus BATAMAD Provinsi beserta anggota sebagai pemberi bantuan; dan BATAMAD Kabupaten Katingan beserta segenap pengurus serta anggotanya. 


Adapun Bantuan sembako yang dialokasikan tersebut sebanyak 5 ton beras. Adapun bantuan tersebut merupakan sumbangan dari Ketua Umum DAD Kalteng, @laukpauk.kita; Karabatan Taking Matar, Cherys Yuandrias; dan anggota BATAMAD Provinsi Kalteng. 


Adapun Bantuan tersebut diserahkan kepada perwakilan dari tiap Kecamatan; untuk selanjutnya didistribusikan langsung kepada masyarakat yang akan menerimanya. 


Lokasi yang akan menerima bantuan tersebut terdiri dari Kecamatan Pulau Malan ada 14 Desa dengan jumlah bantuan berupa beras sebanyak 460 sak @5kg semua desa dapat bagian. Kecamatan Tewang Sanggalang Garing (285 sak beras @5kg) tercatat 5 Desa; terdiri dari Desa Bangkuang, Tewang Rangkang, Tarusan Danum dan Hampalam. 


Sedangkan Kec. Katingan Tengah di Desa Rantau asem sebanyak 50 sak beras @5kg, dan Kecamatan Sanaman Mantikei desa Tumbang Labehu 50 sak beras @5kg. 


Untuk Posko dapur umum BATAMAD Katingan 30 sak,” Ungkap Pdt. Bobo Wanto Baddak


Dijelaskan juga bahwa kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Kepala BATAMAD/Ka Korlap Pdt. Bobo Wanto Baddak; hal ini dikarenakan Panglima masih ada kegiatan di Jakarta.


Mobilisasi penyampaian bantuan menggunakan 1 truk, 2 mobil Hilux dan 2 Avanza dari Betang Hapakat Palangka Raya menuju Kabupaten Katingan.


Bantuan BATAMAD diterima oleh Sekretaris Kecamatan Pulau Malan dan Sekretaris Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan disalurkan langsung sampai ke tujuan serta diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.


“Ibu Irianty (Bendahara BATAMAD) mengungkapkan rasa tulus, haru dan bangga sebagai sesama manusia, bisa berbagi dalam memberikan sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah. Ini merupakan salah satu program Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (BATAMAD) terhadap masyarakat Dayak dan suku lainnya yang ada di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah. (Red) #liputansbm


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda