Mahasiswa UPR melakukan KKN-T periode II di Desa Lungkuh Layang - Liputan Sbm

14 September 2021

Mahasiswa UPR melakukan KKN-T periode II di Desa Lungkuh Layang



Palangka Raya - Mahasiswa universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan KKN-T (kuliah kerja nyata tematik) di dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik atau KKN-T Periode II merupakan orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah wilayah tertentu (Kabupaten/Kota) ataupun desa-desa. KKN Tematik berbasis Problem Solving untuk memecahkan masalah dengan tema tertentu sehingga kegiatan mahasiswa terfokus untuk mengatasi masalah tertentu dan untuk mencapai target yang merupakan salah satu pilar Perguruan Tinggi dalam program pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh Mahasiswa, untuk menerapkan prinsip kerjasama kelompok dari berbagai bidang keilmuan, sehingga menjadi bersinergis dan menjadi kekuatan besar pada saatnya nanti bagi bangsa Indonesia ini. Palangka Raya, 14/09/2021.

Akibat kondisi Covid-19 sekarang. Maka dari itu, program KKN-T di Universitas Palangka Raya (UPR) mulai tahun 2021 ini diarahkan pada KKN-T secara online dengan membuat suatu Karya Ilmiah dari tema yang sudah ditetapkan oleh pihak Universitas Palangka Raya.


Untuk itulah Ragil Agustha Triadiputra, Ade Damara Gonggoli, Yolanda Elizabeth Natalia, Septiani, Citra Lestari, Bella Citra, Fhatra Adjie Muliami, Nurul Hafifah, Abdul Rasit, Risyanto, Renot Serpanus, Rita, Sri Irmawati, Pitra N Malau, Erikson, Swandani Sibarani membuat sebuah Karya Ilmiah dengan tema UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI DESA LUNGKUH LAYANG KECAMATAN TIMPAH KABUPATEN KAPUAS.


Metode pelaksanaan dilaksanakan secara daring selama 3 minggu di Kota Palangka Raya dan luring selama 5 hari di Desa Lungkuh Layang. Program kerja yang dilakukan berupa pemasangan spanduk dan poster sebagai bentuk sosialisasi


Baca Juga : Pelaksanaan Kegiatan dan Implementasi Program kerja mahasiswa KKNT Universitas Palangka Raya di Kelurahan Palingkau Lama, Kec. Kapuas Murung, Kab. Kapuas


tentang bahaya Covid-19, pembagian masker pada warga, pemasangan tong pencuci tangan, pembagian desinfektan dan hand sanitizer yang dibuat oleh kelompok mahasiswa KKN Tematik Periode II Universitas Palangka Raya juga mengajarkan warga desa cara pembuatan desinfektan dan hand sanitizer yang dibuat dengan bahan sederhana seperti alkohol, bayclin, aloe vera gel, dan air bersih yang mana hal ini disaksikan oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, RT 1, RT 2, RT 3, dan RT 4.


Adapun pelaksanaan KKN-T periode II ini adalah Menganalisis dan Mengidentifikasi Lingkungan Desa Lungkuh Layang, Perijinan Kegiatan Pada Kepala Desa Lungkuh Layang, Evaluasi Kegiatan, Pelaksanaan Kegiatan, Program Kerja Dari hasil KKNT ini dapat disimpulkan bahwa Dalam situasi Covid-19 ini diperlukan pengembangan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dimulai dari kelompok masyarakat kecil yaitu desa.


Desa Lungkuh Layang merupakan desa yang terletak di Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas. Kesadaran masyarakat di Desa tersebut dalam mematuhi protokol kesehatan tergolong masih kurang, banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker apabila bepergian keluar rumah, kurangnya fasilitas tempat mencuci tangan dan kurangnya sosialisasi tentang bahaya Covid-19. Menurut laporan warga ada sebagian warga yang telah meninggal dunia, kurangnya data menyebabkan kami belum mengetahui secara pasti berapa jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 di Desa Lungkuh Layang.


Maka untuk mencegah penyebaran covid-19 di desa ini, mahasiswa KKN-T dari UPR melaksanakan pemasangan poster dan spanduk berisi sosialisasi tentang bahaya covid-19, pemasangan tempat cuci tangan, pembagian masker, dan mengajarkan cara membuat desinfektan dan hand sanitizer.


Mahasiswa KKN-T dari UPR ini berharap semoga hal yang dilakukan ini bermanfaat bagi masyarakat di desa Lungkuh Layang dan menyadarkan warga desa untuk selalu waspada terhadap wabah penyakit covid-19 ini. #liputansbm


Penulis : Andy Ariyanto

Naskah : Naskah Publikasi Desa Lungkuh Layang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda