PT. PLN UIK TJB Jepara Siapkan Wahana Edukasi Kelistrikan untuk Umum - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

19 January 2022

PT. PLN UIK TJB Jepara Siapkan Wahana Edukasi Kelistrikan untuk Umum




Jepara - PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PT.  PLN UIK TJB) Jepara selaku pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B saat ini tengah menyiapkan wahana edukasi kelistrikan bernama Gedung Energo. Wahana edukasi ini nantinya akan dibuka bagi khalayak umum. Lokasinya berada di dalam komplek PLTU Tanjung Jati B Jepara Jawa Tengah. Rabu (19/1/2022).


Bangunan Gedung Energo yang mirip dengan Museum Kelistrikan Modern seluas 1.700M2 ini berisi berbagai seluk beluk yang berkaitan dengan kelistrikan. Ada  bagaimana energi listrik diproduksi, ditransmisikan dan juga pemanfaatannya dalam berbagai aspek kehidupan sosial ekonomi manusia.


Untuk menyempurnakan dan melengkapi sarana dan prasarana edukasi yang dimiliki PT. PLN UIK Tanjung Jati B bersinergi dengan berbagai Unit-unit PT. PLN  terkait, salah satunya adalah Unit Pelaksana Museum Listrik dan Energi Baru atau biasa disingkat UPMLEB.


UPMLEB merupakan salah satu museum sains dan teknologi yang menyajikan koleksi peraga Ketenagalistrikan dan Energi Baru mulai dari sejarah, masa kini dan masa depan. Lokasi UPMLEB berada di lokasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta yang mana didalamnya sarat dengan nilai-nilai edukasi kebudayaan seluruh Indonesia.


Perwakilan dari Unit Pelaksana Museum Listrik dan Energi Baru pada Jumat (13/01/22) secara langsung berkunjung ke Gedung Energo PLTU Tanjung Jati B dan melihat kesiapan berbagai kelengkapan dan fasilitas sarana edukasi yang ada.


Tim yang terdiri dari 6 orang ini diterima dan disambut langsung oleh Senior Manager Engineering PT. PLN UIK Tanjung Jati B, Marsudi Santosa Edi beserta jajaran Tim pengelola Gedung Energo PT. PLN UIK TJB di PLTU TJB Jepara. 


"kami sangat berterima kasih atas kedatangan tim sehingga dapat  berkoordinasi lebih lanjut untuk bisa melengkapi beberapa sarana dan prasarana edukasi kelistrikan yang ada di Gedung Energo ini yang dirasa masih kurang ataupun belum lengkap. Terutama pada beberapa artefak kelistrikan ataupun alat-alat peraga kelistrikan disini,” tutur Marsudi Santosa Edi.


Dimulai dengan sesi diskusi dan tanya jawab, acara kunjungan ini kemudian dilanjutkan dengan pengecekan di berbagai anjungan edukasi yang ada. “Pada diskusi ini diperoleh berbagai ide dan masukan yang sangat bermanfaat untuk melengkapi dan mengembangkan fasilitas-fasilitas peraga edukasi kelistrikan yang telah ada,” ujar Yusvi Adi Mustofa selaku Manager Engineering. 


Setelah di dapat berbagai poin-poin kesimpulan, maka selanjutnya tim pengelola akan berkoordinasi lebih lanjut serta melanjutkan berbagai persiapan yang diperlukan untuk kelengkapan Gedung Energo sampai nantinya siap semua dan diresmikan. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda