Sejumlah Ormas Adat Dayak dan Ormas Kedaerahan Temui Gubernur Kalteng - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

24 May 2022

Sejumlah Ormas Adat Dayak dan Ormas Kedaerahan Temui Gubernur Kalteng

 





PALANGKA RAYA - Sejumlah organisasi Adat Dayak dan kedaerahan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menemui Gubernur H. Sugianto Sabran. Adapun pertemuan dilaksanakan di halaman Istana Isen Mulang, Palangka Raya pada Selasa (24/5/2022) Sore.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Yansen Binti yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng, dimana kegiatan yang difasilitasi oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng pihaknya dapat bersilaturahmi.

“Kami juga mendapatkan informasi-informasi tentang pembangunan, pemerintahan dan juga terkait dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA) di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Yansen.

Dia menambahkan, dengan informasi tersebut ormas-ormas kedaerahan di Kalteng dapat turut serta dalam berkontribusi dalam pembangunan. Selain itu ormas-ormas kedaerahan tersebut juga nantinya akan mendapatkan dukungan dari Pemerintah sesuai dengan kemampuan yang ada.

Meskipun demikian, dia menilai bahwa ormas-ormas kedaerahan yang ada di Kalteng ini sebagian besar pendanaannya belum jelas. Sehingga hal tersebut dibiarkan hal tersebut bisa berpotensi pada stigma atau hilangnya martabat Ormas.

“Sehingga dengan adanya dukungan dari Pemerintah, ormas-ormas kedaerahan dapat menjalankan fungsi serta visi dan misinya dengan bermartabat. Bisa dengan prinsip mempertahankan idealismenya,” ucap Yansen.



Sementara itu, Panglima Barisan Pertahanan Adat Masyarakat Dayak (Batamad) Kalteng, Yuandrias kepada para awak media menyampaikan, Gubernur Kalteng mengajak ormas-ormas adat Dayak dan kedaerahan untuk menjalin komunikasi dalam rangka membangun dan mengelola SDA serta SDM di Kalteng.

“Dan ini semuanya bukan hanya untuk suku Dayak saja, namun untuk seluruh masyarakat yang hidup di Kalimantan Tengah boleh menikmati sebuah kesejahteraan dengan kebersamaan. Serta dalam kesepakatan dan keutuhan kita semua,” ucap Yuandrias.

Adapun dalam kegiatan tersebut hadir diantaranya, Ketua DAD Kalteng, H. Agustiar Sabran, Wakil Presiden MADN (Majelis Adat Dayak Nasional) Ramhad Nasution Hamka dan sejumlah Kepala SOPD di lingkup Provinsi Kalteng. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda