Dispursip Kalteng Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan Tahun 2022 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

22 September 2022

Dispursip Kalteng Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan Tahun 2022








PALANGKA RAYA - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah Kalteng (Kalteng) menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan Tahun 2022 di Luwansa Hotel, Kamis (22/9/2022) pagi.

Plt Kepala Dispursip Kalteng, Luqman Alhakim dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa fokus pembangunan nasional tahun 2022 adalah meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, ini erat kaitannya dengan peningkatan literasi masyarakat yang diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam peningkatan daya saing SDM masyarakat.

Dikatakan Luqman bahwa dari penilaian Programme for International Student Assessment (PISA) Tahun 2018 Indonesia masih menduduki peringkat ke 10 terbawah dari 79 negara yang dilakukan survey/penilaian, ini menandakan tingkat literasi masyarakat Indonesia dalam hal ini siswa-siswi masih tergolong rendah.

Dalam era modern sekarang ini tren perkembangan masyarakat adalah menuju masyarakat informatif, penguasaan IPTEK merupakan suatu keniscayaan yang merupakan investasi penting.

Kondisi masyarakat sekarang khususnya di Kalimantan Tengah yang masih rendah minat dan budaya membaca, yang terlihat dari hasil Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dibanding beberapa Provinsi utamanya Provinsi di Pulau Jawa.

"Kita menyadari bahwa untuk menumbuhkan minat dan budaya baca masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah dan dapat dilaksanakan dalam waktu singkat, ini dikarenakan berkaitan erat dengan kultur budaya masyarakat dimana masih banyak masyarakat yang menganggap informasi sebagai sesuatu yang kurang penting dalam kehidupan," ungkapnya.

Luqman berharap, Perpustakaan sebagai salah satu institusi pengelola informasi bagi masyarakat harus menjadi salah satu garda terdepan dalam peningkatan literasi masyarakat.

Menurutnya, tuntutan kebutuhan informasi akan semakin meningkat dan bervariasi sejalan dengan makin meningkat dan kompleksnya permasalahan hidup dan pembangunan bangsa dan negara, baik lokal, nasional dan internasional yang menuntut kualitas intelektual semakin tinggi.

Selain itu, Luqman juga menyampaikan bahwa Pustakawan sebagai ujung tombak penggerak perpustakaan, berperan penting selain secara teknis mampu memahami tugas dan fungsinya juga berperan mendorong masyarakat meningkatkan minat dan budaya baca yang akan bermuara kepada masyarakat yang cerdas dan mampu meningkatkan taraf hidupnya.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan dan Pustakawan akan tugas-tugas dan kewajiban pejabat fungsional Pustakawan, sekaligus sebagai wadah interaksi antara pemangku kepentingan dengan pejabat fungsional Pustakawan serta memampukan Pustakawan untuk memanage karirnya," demikian Luqman.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda