Kalteng Awali Calendar of Events Dengan Festival Budaya 2023 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

16 March 2023

Kalteng Awali Calendar of Events Dengan Festival Budaya 2023

Palangka Raya - Festival Budaya Tambun Bungai yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah adalah Sebagai langkah untuk memperkenalkan daerah ini kepada wisatawan baik lokal maupun asing. 

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan dengan adanya event-event besar kita dapat memperkenalkan seni dan budaya Kalimantan Tengah selain festival budaya juga bisa dari olahraga seperti UCI mountain bike eliminator world Cup.

"UCI Mountain bike Eliminator world Cup akan diselenggarakan lagi di tahun ini yakni pada bulan Oktober 2023. tahun kemarin perlombaan sepeda gunung ini diikuti oleh 30 negara dan di tahun 2023 ini akan diikuti kurang lebih 100 negara" Ucap Gubernur. 

Gubernur juga menginginkan ada event-event yang besar lagi agar bisa menarik minat wisatawan lokal dan asing untuk datang ke Kalimantan Tengah sehingga akhirnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan  ini akan menambah besar pendapatan untuk daerah. 

Untuk diketahui Pembukaan Festival budaya yang mengusung tema event Festival Tambun Bungai 2023 dengan jargonnya bekena, mamut, menteng  bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal di Kalimantan Tengah.

Pembukaan Festival yang diadakan di Stadion Sanaman mantikei ini diiringi dengan Launching Calender of event kick off Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Kalimantan Tengah sekaligus soft launching UCI Mountain Bike world Cup. Palangka Raya (15/03/2023).

Sekretaris Daerah Nuryakin dalam laporannya kepada Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengatakan tujuan diadakannya Festival Budaya Tambun Bungai ini sebagai kick off dimulainya pelaksanaan seluruh agenda, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Juga untuk Mempublikasikan program dan kegiatan yang dikemas dengan berbagai event yang dilaksanakan oleh Pemprov dan Pemkab se-Kalimantan Tengah kepada masyarakat luas. 

Selain itu untuk Sinergitas dan kolaborasi dalam penyelenggaraan program dan kegiatan antara Pemprov dan Pemkab se-Kalimantan Tengah dan juga Sebagai upaya untuk memupuk kecintaan dan melestarikan seni dan budaya di Kalimantan Tengah.

Sera Menggerakan masyarakat agar bangga membeli dan menggunakan produk dalam negeri dan Mendorong pelaku UMKM agar bisa lebih maju dalam mengembangkan dan memproduksi dan Menjadi sarana promosi wisata baik melalui event seni budaya maupun dari cabang olahraga.

"Sumber Dana event festival Budaya Tambun Bungai ini dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah" Ucap Nuryakin dalam laporannya. 

"Untuk diketahui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia merupakan suatu gerakan nasional untuk mendukung produksi dalam negeri. Program Pemerintah yang bertujuan mendorong UMKM lokal lebih maju. Gerakan ini digagas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diluncurkan pada tanggal 14 Mei 2020" Pungkasnya.


Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda