Pemprov dan Forkopimda Kalteng Siap Antisipasi Potensi Karhutla di Tahun 2023 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

15 March 2023

Pemprov dan Forkopimda Kalteng Siap Antisipasi Potensi Karhutla di Tahun 2023



PALANGKA RAYA - Seluruh stakeholder terkait dan juga semua elemen masyarakat, diharapkan dapat ikut berperan serta dalam mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran usai menggelar pengecekan Sarana dan Prasarana (sarpras) Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Karhutla, bersama unsur Forkopimda Kalteng di lapangan Barigas, Mapolda Kalteng pada Rabu (15/3/2023) siang.

Sebelum melakukan pengecekan, unsur Forkopimda di Kalteng sebelumnya telah menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder, serta perwakilan dari seluruh elemen masyarakat, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang (AJT) kantor Gubernur Kalteng.

"Yang paling terpenting adalah anggaran, agar nantinya satgas penanggulangan karhutla ini dapat segera turun ke lapangan. Untuk mempersiapkan mulai dari makanan dan juga sarpras lainnya," ucap Gubernur. 

Lanjutnya, dengan sarpras yang telah di inventarisir maka untuk skala luas wilayah di Provinsi Kalteng tentunya perlu lebih banyak lagi, contohnya dari peralatan penunjang lainnya. Namun, tentunya Provinsi Kalteng sudah siap untuk mengantisipasi terjadinya potensi karhutla pada Tahun 2023 ini.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto kepada para awak media menyampaikan, berkaca pada bencana kabut asap yang pernah terjadi pada Tahun 2019 di Kalteng, tentu saat ini pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya.

"Mulai dari persiapan personel dan peralatan, kita akan bersinergi dengan Korem 102/PJG beserta jajarannya juga para stakeholder terkait lainnya. Sehingga kita bisa memaksimalkan yang ada untuk memberikan pelayanan. Serta dapat bergerak cepat untuk melakukan penanggulangan lebih cepat dan tepat," kata Kapolda.

Masih dilokasi yang sama, Danrem 102/PJG, Brigjen TNI Bayu Permana kepada para awak media mengatakan, dalam rangka penanggulangan karhutla di Kalteng, nantinya seluruh Kodim yang ada di wilayah Kalteng akan turut berperan serta.

"Seluruhnya ya, baik Kodim maupun Batalyon. Untuk sarana dan prasarana seperti, peralatan, kendaraan roda empat dan roda dua juga akan kita siapkan," tegasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda