Avina: Walau Tidak Besar Namun Dapat Memberikan Dampak Pada Pelaku IKM dan UKM - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 May 2023

Avina: Walau Tidak Besar Namun Dapat Memberikan Dampak Pada Pelaku IKM dan UKM

PALANGKA RAYA - Dewan Kerajinan Nasional  Daerah (DEKRANASDA) Kota Palangka Raya adalah suatu tempat untuk memayungi dan melindungi serta mengembangkan produk-produk kerajinan dan makanan khas dari IKM dan UKM wilayah Kota Palangka Raya. 

Ketua Dekranasda Kota Avina Fairid Naparin mempersilahkan pelaku-pelaku usaha dari IKM dan UKM kota Palangka Raya untuk mendaftarkan dan bergabung dengan dekranasda kota bila ingin memamerkan dan menjual produk-produknya. Senin, (29/5/2023)

"Malam ini adalah malam yang telah lama saya dan pengurus Dekranasda tunggu-tunggu karena selama kepengurusan kami, belum ada galeri untuk dekranasda kota Palangka Raya dan hari ini sudah ada," ucap Avina saat memberikan sambutan dalam pembukaan Galeri Dekranasda Kota Palangka Raya di Jalan G. Obos Induk. Minggu, (28/5) 

Avina Fairid Naparin juga mengatakan bahwa Selama ini dalam menampilkan dan memamerkan produk IKM dan UKM Kota Palangka Raya hanya lewat pameran apakah itu di kota Palangka Raya atau di luar kota Palangka Raya, ada stand/galeri di Kereng Bengkirai untuk memperlihatkan produk-produk lokal Kota Palangka Raya  tapi masih sangat kecil. 

"Jujur Saya sangat sedih karena belum bisa membantu semaksimal mungkin untuk perkembangan dan kemajuan UKM dan IKM Kota Palangka Raya, akan tetapi saya ucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak pada saat pameran Kalteng Expo 2023, Palangka Raya mendapatkan juara pertama untuk stand terbaik," kata Avina.

Lebih lanjut Avina menyatakan bahwa berdirinya galeri dekranasda saat ini sifatnya masih sementara masih menyewa dan Avina berharap suatu saat nanti dekranasda Kota Palangka Raya punya galeri yang permanen. 

"Saya juga berharap dengan berdirinya galeri ini walaupun tidak besar tapi bisa memberikan dampak kepada para pelaku IKM dan UKM yang berada di wilayah Kota Palangka Raya," tuturnya. 

"Kami dari dekranasda kota meminta tolong kepada seluruh masyarakat kota Palangka Raya untuk bangga menggunakan produk lokal dan bantu kami dalam memasarkan produk-produk lokal ini (misal ada tamu dari luar untuk bisa beli produk lokal dari IKM dan UKM yang ada di bawah naungan dekranasda kota Palangka Raya),"h imbaunya. 

The grand opening of Palangka Raya handicraft gallery by dekranasda kota Palangka Raya, digelar di ruko jalan G. Obos Palangka Raya. Minggu 28 Mei 2023.

Pembukaan galeri ini menampilkan banyak Acara antara lain: fashion anak yang memamerkan casual benang bintik, fashion show produk IKM Dekranasda, traditional dance, karungut, stand up, dan akustik performance. 

Produk-produk yang dipasarkan di galeri ini ada Furniture, anyaman rotan, aksesoris khas dayak, batu akik, aksesoris dari getah nyatu, kopi the bajakah, madu kelulut dan herbal, produk kopi (olahan dari singkong), produk herbal 4m, aneka sambal, dan kerajinan purun juga rotan dan batu. 

Pembukaan galeri dekranasda kota Palangka Raya ini dihadiri oleh wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah Sriosako. 

Sambutan tertulis Walikota Palangka Raya yang dibacakan oleh wakil walikota Palangka Raya Umi Mastikah Sriosako menyatakan berdirinya sebuah galeri salah satu upaya pengembangan ekonomi produktif dan pemberdayaan masyarakat sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing produksi lokal dalam percaturan ekonomi. 

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk membimbing dan membina serta mencerdaskan para pelaku usaha IKM dan UKM Kota Palangka Raya, sehingga akan mendorong sumber daya manusia dan membangun jiwa Kewirausahaan mereka dan menjadikan IKM dan UKM dapat meningkat maju," ucapnya. 

Walikota juga berpesan pada Dekranasda Kota Palangka Raya agar dalam pemasaran produk lokal dapat menggunakan sarana digital untuk membantu daya saing IKM. 

"Pemerintah Kota Palangka Raya mengucapkan Terima kasih dan apresiasi kepada Dekranasda kota Palangka Raya atas partisipasinya mendukung pemerintah dalam pembangunan perekonomian dalam membangun dunia usaha IKM dan UKM kota Palangka Raya," pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda