Pemprov Kalteng Gelar Pelatihan Kembangkan Potensi Desa Wisata - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 May 2023

Pemprov Kalteng Gelar Pelatihan Kembangkan Potensi Desa Wisata

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalteng melaksanakan Pelatihan Pengembangan Potensi Desa Wisata tahun 2023, yang dilaksanakan di Provinsi Bali, Senin (29/5/2023).

Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Investasi Desa, Murtadho Bishri menjelaskan, tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk mendapatkan pembelajaran mengenai gagasan, ide, teknik, metode, proses, aktivitas pembangunan desa wisata serta sarana pengembangan interaksi sosial ekonomi masyarakat.

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pendapatan Pemerintah Desa, meningkatkan posisi dan peran Badan Usaha Milik Desa sebagai pelaku penting dalam pembangunan sektor pariwisata, memahami aspek legal, peraturan berkenaan dengan desa wisata, dan memahami konsep bisnis desa wisata serta pengelolaan unit usaha desa wisata melalui BUMDesa," katanya.

Murtadho berharap, pelatihan ini dapat membentuk Badan Usaha Milik Desa yang memiliki kapasitas dalam membangun dan mengembangkan sektor pariwisata teridentifikasinya desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata, serta terbentuknya Badan Usaha Milik Desa yang memiliki kapasitas dalam membangun dan mengembangkan sektor pariwisata.

"Dan terkahir yang tidak kalah pentingnya yaitu terbangunnya manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang baik untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD)," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali, Putu Anom Agustina menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemprov Kalteng karena dipilihnya Provinsi Bali menjadi tempat pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Potensi Desa Wisata oleh Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Saya harap acara ini dapat menjadi momentum untuk mendukung pemulihan ekonomi lokal dengan adanya rangkaian-rangkaian pertemuan lembaga internasional," tuturnya.

Diketahui bahwa peserta pelatihan ini terdiri dari 65 orang yang berasal dari 13 orang dari Dinas PMD Kabupaten Provinsi Kalteng, 26 orang Kepala Desa, dan 26 orang Direktur Badan Usaha Milik Desa. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda