CA AMC Gelar Mubes III, Bahas Isu Strategis untuk Kemajuan Sektor Maritim di Kalimantan Tengah - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

30 September 2023

CA AMC Gelar Mubes III, Bahas Isu Strategis untuk Kemajuan Sektor Maritim di Kalimantan Tengah

Foto bersama peserta Mubes III CA AMC di Ballroom Best Western Batang Garing Hotel.

PALANGKA RAYA - Corps Alumni Akademi Maritim Cirebon (CA AMC) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) III di Ballroom Best Western Batang Garing Hotel Palangka Raya.

Kegiatan yang mengusung tema selalu jalin silaturahmi untuk mengikat tali persaudaraan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Sabtu (30/9/2023).

“Mengawali sambutan ini, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan Musyawarah Besar III Corps Alumni Akademi Maritim Cirebon ini,” kata Yuas Elko saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng.

Yuas menyebut, Mubes tersebut menjadi momentum penting untuk memilih kepengurusan baru organisasi Alumni AMC, dan sekaligus untuk membahas berbagai isu strategis dalam upaya memajukan sektor maritim di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Seperti kita ketahui bersama, maritim merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia, mengingat sumber daya kelautannya yang luar biasa. Sektor ini memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Yuas menjelaskan, potensi kelautan yang dimiliki Kalteng begitu besar, ada 7 kabupaten di Kalteng yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa, mulai dari Kabupaten Sukamara di barat hingga Kabupaten Kapuas di timur, dengan panjang garis pantai sekitar 703,91 kilometer dan potensi laut sebesar 94.500 kilometer persegi. Ditambah lagi, luas hutan mangrove 30.497,71 hektare, terumbu karang 6.492,1 hektare, padang lamun 11.179,02 hektare, serta aneka jenis ikan dan lainnya.

“Potensi sumber daya laut yang sangat besar itu tentunya kita harapkan mampu dikelola dengan baik, sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Oleh karena itu, melalui Mubes yang dilaksanakan tersebut pihaknya berharap akan dapat semakin memantapkan kontribusi dan peran strategis Corps Alumni Akademi Maritim Cirebon, dalam memajukan pembangunan sektor maritim di Indonesia umumnya dan di Kalimantan Tengah khususnya.

“Dengan kerja sama dan sinergi yang kuat, saya yakin, kita bersama-sama akan mampu membangun sektor maritim yang maju dan unggul, dalam rangka mewujudkan Kalimantan Tengah Makin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis) untuk Indonesia Maju,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum CA AMC Capt. Subagio Wagiman dalam wawancara dengan sejumlah media mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mensupport apapun yang nantinya akan menjadi kebijakan dari Pemprov Kalteng.

“Intinya kami akan selalu mensupport, apabila dari pemerintah provinsi dan kabupaten akan menyelenggarakan ataupun mendirikan sekolah yang berbasis maritim atau pelayaran kita akan coba bantu dan bersinergi,” kata Subagio.

Subagio menyampaikan, pada dasarnya sekolah pelayaran itu bergerak di bidang kemaritiman baik itu pada bidang keahlian Nautika dan Teknika serta ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang profesional.

“Sebelum pelaksanaan Mubes ini kita juga kemarin sempat berdiskusi dengan Pengurus Daerah Alumni Akademi Maritim Cirebon Kalteng terkait dengan potensi-potensi apa saja yang bisa kita berikan, contohnya di Sungai Kahayan ini, apakah bisa Sungai Kahayan ini kita kembangkan seperti sungai Barito nantinya juga akan kita buat kajian seperti itu,” bebernya.

Sebagai informasi, Akademi Maritim Cirebon memiliki tujuan yaitu, mendidik dan melatih para lulusan SMA/SMK/MA untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar bidang keahlian Nautika dan Teknika serta ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang profesional dan siap pakai dalam waktu relatif singkat.

Mendidik dan melatih calon Perwira Pelayaran yang gagah berani, berpengalaman luas, terampil dan ahli, berdisiplin serta berkepribadian Indonesia yang setelah lulus nanti siap diterjunkan di masyarakat guna mengabdi pada nusa dan bangsa.

Kemudian mendidik dan melatih calon Perwira Pelayaran Besar agar mampu berfikir secara kritis dan bertindak secata sistematik guna menghadapi tantangan pada masa depan.

Hadir dalam Mubes tersebut Ketua CA AMC Kalteng Putrawan Eka Harapan serta seluruh anggota CA AMC lainnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda