Israel Serang Palestina, MUI Keluarkan 3 Rekomendasi - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

15 November 2023

Israel Serang Palestina, MUI Keluarkan 3 Rekomendasi



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Perang antara Israel dan kelompok militan Hamas sejak tanggal 7 Oktober 2023, terus memakan korban terutama dari pihak Palestina. Rabu, 15/11/2023

(Dikutip dari databoks.katadata.co.id) sampai tanggal 12 November 2023 warga Palestina yang sudah meninggal dalam konflik ini melampaui 11.200 orang. 

Bentuk solidaritas untuk mendukung perjuangan Palestina agar dapat mewujudkan keinginan mereka untuk bisa menjadi sebuah negara dan juga sebagai bentuk kecaman terhadap banyaknya warga sipil yang tewas akibat agresi Israel tersebut. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Pada tanggal 8 November 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina. 

Di Dalam fatwa MUI tersebut, terdapat rekomendasi bagi umat islam agar dapat mengikutinya, yakni: 

  1. Umat Islam diimbau untuk mendukung perjuangan Palestina, seperti gerakan menggalang dana kemanusian dan perjuangan, mendoakan untuk kemenangan, dan melakukan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina;
  2. Pemerintah diimbau untuk mengambil langkah-langkah tegas membantu perjuangan Palestina, seperti melalui jalur diplomasi di PBB untuk menghentikan perang dan sanksi pada Israel, pengiriman bantuan kemanusiaan, dan konsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel menghentikan agresi.
  3. Umat Islam diimbau untuk semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme.
Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda