PDU Sampah Menjadi Harapan Baru untuk Pengelolaan Sampah yang Teratur dan Efisien - Liputan Sbm

04 February 2024

PDU Sampah Menjadi Harapan Baru untuk Pengelolaan Sampah yang Teratur dan Efisien

LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu melakukan peninjauan lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya pada Minggu (4/2/2024) .

Dalam serangkaian kegiatan tersebut, Hera memberikan informasi yang sangat berarti terkait dampak positif dari PDU ini terhadap pengelolaan sampah di kota tersebut.

Hera menyampaikan keyakinannya bahwa keberadaan PDU akan menggantikan peran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan efektif, karena sampah-sampah kini akan mendapatkan siklus daur ulang melalui fasilitas yang telah disiapkan.

Ia tidak hanya berbicara tentang efisiensi pengelolaan sampah, namun juga menyoroti aspek ekonomis dengan mengonversi sampah menjadi produk bernilai ekonomi.

Dalam penjelasannya, Hera merinci bahwa PDU yang dibangun di Kelurahan Panarung ini memiliki integrasi yang baik dengan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan Bank Sampah.

Hal ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap teratur dan efisien pengelolaan sampah di wilayah tersebut.

Lebih dari itu, Hera mengungkapkan harapannya agar PDU ini bukan hanya menjadi fasilitas pengelolaan sampah biasa, melainkan dapat menjadi "Center Of Excellence" dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya.

"Saya berharap PDU ini bisa menjadi Center Of Excellent pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya, dan menjadi pusat edukasi atau pilot project pengolahan sampah yang baik,"  ungkapnya.

Ia ingin PDU menjadi pusat edukasi, tempat berbagi pengetahuan, dan bahkan menjadi model pengolahan sampah yang baik untuk diadopsi oleh kota lain.

Dalam kegiatan peninjauan ini, Hera Nugrahayu tidak bergerak sendirian. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, serta jajaran terkait lainnya.

Keberadaan mereka menunjukkan sinergi antarinstansi dalam mendukung upaya pengelolaan sampah yang lebih baik.

Sebelumnya Pemerintah Kota Palangka Raya telah menerima bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk pembangunan PDU Sampah.

Bantuan ini mencakup fasilitas dengan kapasitas mencapai 10 ton/hari, yang menjadi fondasi penting dalam mewujudkan visi Kota Palangka Raya sebagai kota yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Sumber : Media Center Palangka Raya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda