Pelajar Kalteng Diajak Terlibat Aktif dalam Pemilu 2024 - Liputan Sbm

12 February 2024

Pelajar Kalteng Diajak Terlibat Aktif dalam Pemilu 2024

Sosialisasi dan ikrar peningkatan partisipasi dalam Pemilu bagi pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng yang digelar di SMAN 2 Palangka Raya.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menggelar sosialisasi dan ikrar peningkatan partisipasi dalam Pemilu bagi pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng di SMAN 2 Palangka Raya pada Senin (12/2/2024).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Gubernur menegaskan bahwa Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, termasuk pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif DPR- DPD RI serta DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, merupakan sebuah Pesta Demokrasi yang sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong meningkatnya partisipasi politik dan sebagai proses pembelajaran tentang makna kebebasan dalam berdemokrasi dengan bingkai NKRI," katanya.

Gubernur juga mengajak para pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng yang telah berusia 17 tahun ke atas sebagai Pemilih Pemula untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari dengan sungguh-sungguh.

"Meskipun belum memiliki E-KTP, pelajar SMA/SMK/SLB masih tetap dapat menggunakan hak suaranya jika sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 yang bisa dilihat secara online/daring," ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, para pelajar akan diajarkan oleh narasumber dari KPU tentang cara mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum beserta TPS dan lokasinya melalui DPT Online.

Gubernur juga menekankan pentingnya bagi pelajar yang sudah terdaftar dalam DPT untuk menggunakan hak suaranya dan mengimbau KPU Provinsi Kalimantan Tengah untuk memfasilitasi dan mencarikan solusi bagi pelajar yang berusia 17 tahun namun belum tercatat dalam DPT.

"Jangan disia-siakan, tunjukkan semangat anak muda untuk turut berperan serta aktif bagi kemajuan bangsa," tegasnya.

Selain itu, Gubernur juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan baik, aman, dan damai serta menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dengan semangat penuh kegembiraan dan kedamaian agar melahirkan para pemimpin yang terbaik dan amanah untuk kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sebagai Pesta Akbar Demokrasi, mari kita sambut Pemilu dan Pilkada dengan semangat penuh kegembiraan dan penuh kedamaian, sehingga nantinya akan melahirkan para pemimpin terbaik dan amanah, yang mampu membawa bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Kalimantan Tengah, agar semakin maju dan sejahtera," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Kadisdik Kalteng M. Reza Prabowo dan Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kalteng, H. Harmain.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda