Pelajar Kalteng Berikrar: Tolak Golput, Suara Kami Penting di Pemilu 2024 - Liputan Sbm

12 February 2024

Pelajar Kalteng Berikrar: Tolak Golput, Suara Kami Penting di Pemilu 2024

Pelajar saat melakukan ikrar peningkatan partisipasi dalam Pemilu bagi pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng di SMAN 2 Palangka Raya.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pelajar dari berbagai jenjang pendidikan menegaskan komitmen mereka untuk aktif dalam Pemilu Serentak 2024 di Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan menolak menjadi golongan putih atau golput.

Ikrar tersebut disampaikan dalam acara yang dilaksanakan di Halaman SMAN 2 Palangka Raya, Senin (12/2/2024).

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, M. Reza Prabowo menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan ikrar ini merupakan langkah awal yang diambil di Kalteng, dengan melibatkan cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online.

"Melalui ikrar bersama pelajar dan cek DPT online, kami ingin memastikan bahwa para pelajar mengetahui lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat mereka akan menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Reza menambahkan bahwa Dinas Pendidikan Kalteng akan terus mengingatkan dan mengimbau para pelajar hingga hari pencoblosan, untuk memastikan mereka menggunakan hak suaranya dengan benar sesuai alamat KTP dan terdaftar di DPT.

"Nanti akan dikawal oleh masing-masing Kepala Sekolah dan Wali kelas untuk mengingatkan mereka jangan tidur saat tanggal 14, ayo berbondong-bondong ke TPS karena satu suara sangat berarti," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng, H. Harmain, mengajak para pelajar yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau e-KTP untuk aktif menggunakan hak pilihnya.

"Pada tanggal 14 Februari, kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Mari bersama-sama datang ke TPS, dan pastikan status keanggotaanmu dalam DPT dengan melakukan pengecekan secara online," jelasnya.

Dengan upaya ini, diharapkan partisipasi aktif pelajar dalam proses demokrasi akan semakin meningkat, dan setiap suara akan memiliki arti yang penting untuk masa depan bangsa.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda