Pj Wali Kota Instruksikan Camat dan Lurah di Kota Palangka Raya untuk melakukan Gerakan PSN - Liputan Sbm

02 February 2024

Pj Wali Kota Instruksikan Camat dan Lurah di Kota Palangka Raya untuk melakukan Gerakan PSN

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. (Ist)
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu telah memberikan arahan yang mendalam kepada para camat dan lurah di Kota Palangka Raya, menekankan pentingnya Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sebagai langkah strategis dalam menjaga kesehatan masyarakat dan meminimalkan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah.

Dalam konteks ini, Hera menggarisbawahi keterlibatan aktif seluruh komponen pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan sebagai bagian integral dari pelaksanaan program pemberantasan sarang nyamuk.

Di tengah kerja bakti dan pemantauan jentik nyamuk di SMP Negeri 8 Kota Palangka Raya, Hera dengan tegas menyatakan bahwa upaya ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Palangka Raya semata, melainkan sebuah tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu, saya menginstruksikan seluruh camat dan lurah di Kota Palangka Raya untuk melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk secara aktif dan terkoordinasi," ujar Hera pada Jumat (2/2/2024).

Lebih lanjut, Hera mengarahkan camat dan lurah untuk tidak hanya menjadi pelaksana, tetapi juga sebagai agen sosialisasi dan edukasi.

Mereka diharapkan mampu menyampaikan informasi mengenai bahaya penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dan cara pencegahannya kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Sosialisasi ini menjadi langkah strategis dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan.

Selain itu, Hera menekankan pentingnya melakukan pembersihan sarang nyamuk di area-area yang rawan, seperti genangan air, saluran air tersumbat, dan tempat-tempat lain yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat mengurangi habitat nyamuk dan secara signifikan mengendalikan penyebaran penyakit yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Hera juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Dalam konteks ini, peran aktif masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan dengan mengurangi risiko penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Melibatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah sebuah langkah strategis dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan terhadap kesehatan seluruh komunitas.

Sumber : Media Center Palangka Raya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda