Legislator Gerindra Berbagi Wawasan tentang 4 Pilar di Palangka Raya - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

18 March 2024

Legislator Gerindra Berbagi Wawasan tentang 4 Pilar di Palangka Raya

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng, H. Iwan Kurniawan saat menyampaikan materi sosialisasi.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Iwan Kurniawan, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang Empat Pilar Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Acara ini berlangsung di rumah aspirasi yang terletak di Jalan Seth Adji, Kota Palangka Raya, dan dihadiri oleh puluhan warga pada Senin (18/3/2024).

H. Iwan menjelaskan bahwa tujuan utama sosialisasi ini adalah memastikan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Empat Pilar tersebut tidak hanya dipahami, tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini penting sebagai bentuk penyaring terhadap budaya-budaya asing dan nilai-nilai yang bertentangan yang dapat meresap dan diterima oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, konsep Empat Pilar Kebangsaan telah melengkapi sebagai bahan dan acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tanpa adanya pertentangan antara Pancasila dengan Budaya Lokal.

Ia menekankan peran MPR sebagai pengawal ideologi Pancasila yang akan senantiasa menjaga kelestarian Pancasila dan memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila sesuai amanat Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kalteng, terutama anak muda di Palangka Raya, untuk terus menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan negara kita dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap masyarakat mempertimbangkan cara terbaik untuk mengaplikasikan Empat Pilar dalam konteks kehidupan bangsa dan bernegara.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk lebih mendalam memahami dasar-dasar Empat Pilar demi menjaga persatuan.

Pertemuan ini diakhiri dengan kesepakatan agar masyarakat dapat menyampaikan apa saja yang telah diterima dalam sosialisasi Empat Pilar untuk implementasi konteks prinsip Empat Pilar.

“Diharapkan langkah-langkah ini dapat membawa dampak positif dalam mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan merata untuk seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda