Rimbawan Diajak Bersatu dalam Membangun Lingkungan yang Sehat dan Berkelanjutan pada Hari Bakti ke-41 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

18 March 2024

Rimbawan Diajak Bersatu dalam Membangun Lingkungan yang Sehat dan Berkelanjutan pada Hari Bakti ke-41

Foto bersama usai kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41 di Halaman Kantor Dishut Kalteng.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Dalam rangka memperingati Hari Bakti (Harbak) Rimbawan ke-41, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menggelar upacara di Halaman Kantor Dishut setempat pada Senin (18/3/2024). 

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kalteng, Sri Suwanto bertindak sebagai inspektur upacara.

Sri Suwanto, dalam sambutannya atas nama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam bagi generasi mendatang. 

Ia menyoroti rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga tahun 2045, yang meliputi upaya untuk menjadikan Indonesia net sink pada 2030, menguasai pasar dunia untuk produk hutan dan ekonomi sirkular pada 2035, dan menjadi negara yang berdaulat dalam pangan, energi, dan obat-obatan pada 2045.

“Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merumuskan tujuan pengelolaan lingkungan dan kehutanan hingga 2045. Diarahkan untuk kondisi lingkungan dan hutan yang sehat, untuk mendukung perikehidupan Indonesia sebagai negara yang maju dan mandiri,” ujarnya.

Ia juga mengajak semua pihak, termasuk rimbawan, pemerintah daerah, dunia usaha, dan aktivis sosial kemasyarakatan, untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Pada kesempatan Hari Bakti Rimbawan ini, saya mengajak seluruh rimbawan dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran atau pun kegiatan nyata di lapangan, serta terus konsisten membangun bagi kemajuan pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak selama periode 10 tahun terakhir.

Kadishut Kalteng H. Agustan Saining, menambahkan bahwa sebelumnya telah dilakukan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41, termasuk bakti sosial, olahraga, dan kegiatan pembersihan lingkungan. 

“Pada hari kami ini telah melakukan kegiatan puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41.Sebelumnya kita telah melakukan berbagai kegiatan,” jelasnya.

Agustan juga menekankan pentingnya mendukung FOLU Net Sink 2030 untuk menjaga hutan dan lingkungan serta mengurangi emisi karbon di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia akan mengambil bagian dalam perlindungan dan penyelamatan hutan dan lingkungan serta mengurangi emisi karbon di wilayah Indonesia,” demikian Agustan.

Pewarta : Antonius Sepriyono 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda