Pemprov Kalteng Umumkan Program 1.000 Rumah Guru dengan Subsidi Uang Muka - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

18 April 2024

Pemprov Kalteng Umumkan Program 1.000 Rumah Guru dengan Subsidi Uang Muka

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng), melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, mengumumkan program baru yang bertujuan membantu guru-guru SMA, SMK, dan SLB yang membutuhkan tempat tinggal serta bagi yang masih menumpang di wilayah sekolah.

Program "1.000 Rumah Guru" menyiapkan anggaran 10 juta rupiah per rumah untuk uang muka (DP) awalnya. Diharapkan, program ini dapat meningkatkan kesejahteraan guru dan memperkuat profesionalisme pendidikan di Kalteng.

Plt. Kadisdik Kalteng, Muhammad Reza Prabowo menyatakan bahwa program ini sebagai bentuk kepedulian Gubernur Kalteng terhadap tenaga pendidik. Program ini juga termasuk KPR subsidi uang muka, sebagai respons terhadap banyaknya guru yang belum memiliki rumah pribadi.

“Kita juga ada program KPR subsidi uang muka, hal ini merupakan bentuk perhatian Pak Sugianto Sabran selaku Gubernur Kalteng, sekaligus menjawab atas banyak nya guru-guru kita yang belum mempunyai rumah pribadi,” katanya, Kamis (18/4/2024). 

Reza menyebut, program ini didukung oleh kolaborasi antara Pemprov dan Bank Kalteng, di mana 1.000 rumah akan dibangun untuk para guru dengan subsidi uang muka dari Pemprov Kalteng.

Para guru akan mendapat kemudahan pembayaran dengan sistem cicilan setelah periode grace period 3 hingga 6 bulan setelah akad.

“Dalam menyicil ini pun ada hal menarik, menariknya para guru-guru tidak langsung membayar cicilan meskipun telah melangsungkan akad pada hari ini, dan bisa langsung menempati rumahnya, bulan depan dia tidak langsung melakukan pembayaran cicilan, hal ini karena kita ada Grace Period, dimana Grace Period ini adalah kelonggaran waktu (masa tenggang) dalam melakukan pelunasan pinjaman pokok maupun bunganya selama jangka waktu tertentu agar tidak memberatkan pihak yang bersangkutan,” ungkapnya.

Program "1.000 Rumah Guru" juga membuka peluang kerjasama bagi pengembang perumahan di Kalteng untuk membangun 1.000 unit rumah yang tersebar di 14 kabupaten/kota.

Pengembang yang berminat dapat mengajukan penawaran kerjasama melalui email resmi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah diadik@kalleng.go.id.

Disdik Kalteng akan menyediakan loket offline dan online (https://disdik.kalteng.go.id/preleaseprogram-1000rumahguru/) bagi para guru untuk mengajukan permohonan dalam mengikuti program ini. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda