BUMDes Kunci Pembangunan Ekonomi Perdesaan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

04 July 2024

BUMDes Kunci Pembangunan Ekonomi Perdesaan

Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering. 
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memainkan peran penting dalam memfasilitasi dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi di tingkat desa, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Yohannes Freddy Ering, menyatakan bahwa melalui pengelolaan potensi dan sumber daya desa yang lebih optimal, BUMDes dapat menjadi motor penggerak perekonomian desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"BUMDes sangat penting dalam meningkatkan perekonomian di desa, karena dengan peningkatan ekonomi, kesejahteraan masyarakat akan terjamin," ujarnya pada Kamis, (4/7/2024).

Ia menjelaskan bahwa BUMDes merupakan instrumen efektif untuk mendorong pembangunan ekonomi di perdesaan, karena mampu memfasilitasi dan mendorong aktivitas ekonomi desa untuk tumbuh.

"Penguatan BUMDes dapat membantu masyarakat perdesaan mengakses pasar, mendapatkan pendanaan, dan meningkatkan kapasitas produksi," tambah Freddy Ering.

Freddy Ering menambahkan bahwa kegiatan BUMDes akan menciptakan dorongan bagi pertumbuhan kegiatan ekonomi masyarakat, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa.

"Oleh karena itu, pemerintah kabupaten harus memastikan bahwa BUMDes di desa memiliki sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk berkembang dan sukses," tegasnya.

Untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik, lanjut Freddy Ering, keterlibatan semua pihak sangat diperlukan. Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam upaya penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan perlu digiatkan. (red) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda