Menuju Deklarasi FWO Indonesia di Gedung Joang 45 | Liputan SBM - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

27 October 2018

Menuju Deklarasi FWO Indonesia di Gedung Joang 45 | Liputan SBM

Jakarta – Pembentukan Forum Wartawan Online (FWO) INDONESIA , segera di deklarasi kan, "FWO hadir sebagai wadah pelindung di tengah masyarakat seluruh Indonesia bagi para wartawan" ucap Marnala Manurung. Deklarasi akan dilaksanakan di gedung Joang 45 Jakarta Pusat, pada Sabtu 27/10/2018.

Pasalnya, keberadaan media Online yang semakin hari semakin pesat sebagai sumber informasi ter-update diera globalisasi seperti zaman NOW (Sekarang) ini.

"Soalnya lebih mudah di akses cepat, di zaman Now seperti ini, semua serba cepat penyajian di tengah masyarakat,” kata Marnala Manurung salah satu pendiri FWO Indonesia.

“Dan ini akan berwujud menjadi wadah Wartawan Online di seluruh indonesia untuk semakin teroganisir dalam menjalankan tugasnya sebagai kontrol sosial yang professional, berharkat serta berlegalitas, dalam mencari berita sebagai tugas dan fungsi jurnalistiknya,” papar Marnala ditengah kesibukannya mempersiapkan deklarasi.

Ia mengungkapkan lahirnya FWO Indonesia atas dasar pemikiran para tokoh atau pelaku Pers, dan mengingat minimnya kepedulian Organisasi Pers pada pencari berita yang di publikasikan berbasis internet, baik dalam perlindungan hukum pemberitaan begitu juga indentitas legalitas perusahaan persnya.

“FWO Indonesia hadir siap memfasilitasi agar para wartawan online bekerja nyaman dan terlindung dalam menjalankan profesinya sebagai sosial kontrol ditengah masyarakat,” tuturnya.

Menurut dia, wartawan itu adalah sosok yang harus di hargai sebagai aspirator di tengah masyarakat yang berjuang mencari Informasi demi kepentingan masyarakat dengan menjujung integritas dan kredibilitas tinggi.

"Makanya segala tindak tanduknya harus di berikan apresiasi dan partispasi yang tinggi," ucapnya.

Apalagi kemerdekaan pers telah di jamin sesuai amanat Undang Undang Pers No 40 1999 tentang pokok Pers dari sejak bergulirnya era reformasi.

dengan hadir FWO Indonesia ini dapat menjadi organisasi wadah yang siap dan komitmen menjadi wadah pemersatu bagi wartawan online di negeri ini.

"Pers adalah agent perubahan dan pilar demokrasi," pungkas Marnala kepada wartawan (fwo/red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda