Sembilan Puluh tahun Sumpah Pemuda | Liputan SBM - Liputan Sbm

28 October 2018

Sembilan Puluh tahun Sumpah Pemuda | Liputan SBM

Palangka Raya - Sumpah pemuda adalah ikrar yang dimana merupakan bentuk cita-cita berdirinya bangsa, dimana juga menjadi salah satu tonggak pergerakan pemuda-pemudi untuk mencapai kemerdekaan, 28/10/18.

Berasal dari kongres pemuda kedua yang diselenggarakan di Jakarta 27-28 Oktober 1928, atau kurang lebih 90 tahun lalu, berikut bunyi dari Sumpah Pemuda.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dalam sumpah menegaskan tentang:

  1. Bertanah air satu menyatakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan berbagai suku, ras, dan agama.

  2. Berbangsa satu mengingatkan tentang walaupun kita berbeda suku, ras, dan agama kita tidak boleh membedakannya juga menegaskan tentang kebanggan akan Indonesia

  3. Berbahasa satu menyatakan untuk cinta, bangga, mengagumi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, dan sebagai bahasa penghubung antar daerah


Maka marilah kita renungkan kembali tentang apa isi dan makna sumpah pemuda itu, kita para pemuda dan pemudi merupakan harapan bangsa sudah sewajarnya kita menjadi pelopor dalam pembangunan bangsa.

Kritik merupakan salah satu bentuk kita menyampaikan aspirasi, namun akan lebih bermakna jikalau kritik disampaikan dengan arif dan bijaksana serta disertai jalan keluar dari sebuah permasalahan.

Kami seluruh jajaran redaksi Suaraborneomembangun.com mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 semoga kita para pemuda dan pemudi Indonesia selalu ingat akan sumpah kita terhadap Indonesia.(Rz/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda