BWSK II Laksanakan Kegiatan Serah Terima Pekerjaan P3-TGAI - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

27 October 2021

BWSK II Laksanakan Kegiatan Serah Terima Pekerjaan P3-TGAI




PALANGKA RAYA - Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan serah terima pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), Rabu (27/10/2021).

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Luwansa Hotel Jalan G. Obos Kota Palangka Raya.

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan serah terima untuk Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi, kegiatan ini merupakan kegiatan padat karya tunai yang dilaksanakan langsung oleh P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air)," ucap Pejabat Pembuat Komitmen Operasional Sumber Daya Air (PPK OPSDA), Sugiono ketika dibincangi oleh media ini usai kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, P3-TGAI adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Menurut Sugiono, program P3-TGAI dapat mendukung ketahanan pangan nasional dan mendukung aktivitas perekonomian serta mendorong pemerataan pembangunan nasional sebagaimana tercantum dalam prioritas pembangunan kelima Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional 2020-2025, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perlu menyelenggarakan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi.



"Program ini merupakan program unggulan Presiden Jokowi, yaitu program padat karya tunai selain untuk meningkatkan jaringan irigasi yang sudah kurang terawat juga untuk meningkatkan hasil pertanian," tuturnya.

Dirinya juga berpesan kepada pengelola di pemerintah desa agar dapat memelihara jaringan-jaringan irigasi yang sudah dibangun supaya bermanfaat bagi petani disekitar wilayah tersebut.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda