Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kerja Konstruksi, PUPR Kalteng Gelar Pelatihan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

26 October 2021

Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kerja Konstruksi, PUPR Kalteng Gelar Pelatihan




PALANGKA RAYA - Dalam rangka akselerasi dan percepatan, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tenaga kerja konstruksi khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, menggelar pelatihan bertempat di Hotel Aquarius, Palangka Raya, Selasa (26/11/2021).

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng, Shalahuddin melalui Kepala Bidang Jasa Konstruksi Ir. Yosua, M.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk kegiatan tersebut bekerja sama dengan pihak pengelola program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) yang telah bekerja sama dengan baik untuk melakukan rekruitmen peserta kegiatan. 

"Seperti yang kita ketahui bahwa kita banyak memiliki banyak sekali tenaga kerja konstruksi yang berpengalaman, namun belum memiliki sertifikat kompetensi yang merupakan dokumen autentik dan pengakuan atas kompetensi yang dimilikinya," ucap Yosua.

Dia menambahkan bahwa perkembangan jasa konstruksi saat ini sudah semakin berkembang, selain itu jasa konstruksi dari luar sudah memiliki akses yang sangat terbuka untuk bersaing dengan daerah. Sehingga sertifikat kompetensi harus menjadi hal yang mutlak untuk dapat terus bersaing dalam sektor konstruksi. 

Sehingga para pelaku konstruksi di daerah harus dapat berbenah diri dari waktu ke waktu, untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kompetensinya adalah melalui pelatihan yang mereka selenggarakan tersebut. 

"Adapun sektor konstruksi tidak hanya milik pemerintah saja, namun juga milik swasta dan masyarakat. Harapannya semua elemen dapat bahu membahu untuk memajukan sektor konstruksi di Kalteng," lanjut Yosua. 

Sehingga esensi dari pembangunan yang dimaksud adalah dapat mewujudkan pembangunan konstruksi yang handal, kuat dan berkelanjutan yang bermanfaat serta dapat dinikmati oleh masyarakat luas khususnya di Provinsi Kalteng.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda