Di Jepara Bisnis Budidaya Bandeng Sangat Menjanjikan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

18 January 2022

Di Jepara Bisnis Budidaya Bandeng Sangat Menjanjikan

 

Jepara - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki prospek yang menjanjikan, bisnis Budidaya Bandeng. Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jawa Tengah mengatakan produk ini bisa menjadi unggulan baru di Jepara Jawa Tengah. Selasa,18/01/2022.


“Hal itu, bisa dilihat dari hasil panen perdana ikan bandeng di Desa Ujung Watu, Kecamatan Donorojo, Jepara pada tanggal 5 Januari 2022, sehingga upaya pengembangan klaster bandeng di Jepara menunjukkan kesuksesan,” katabu Moh Arifin Plt BBPBAP Jepara Jawa Tengah. Senin (17/1/2022).


BBPBAP Jepara akan terus mendorong upaya pemberdayaan ekonomi ekonomi masyarakat melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Hal ini sangat penting agar siklus bisnis yang dibangun berjalan efisien. 


Konsep budidaya bandeng Jepara ini diharapkan menjadi model bagi daerah lain untuk mengembangkan perekonomian lokal. Sebelumnya klaster budidaya ini telah menunjukkan kajian komprehensif baik dari aspek teknis, sosial kelembagaan serta ekonomi, dan menghasilkan peta jalan yang menjadi acuan bersama. 


Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Sido Maju Jaya, Sakiyanto, mengungkapkan bahwa panen perdana bandeng dilakukan di lahan seluas 5 hektar. Hasilnya sebanyak 14 ton ikan berisi 4-7 ekor per kilogram. Adapun nilainya sekitar Rp. 61,6 juta selama masa pemeliharaan empat bulan.


Adapun rata-rata pendapatan yang diraup pembudidaya mencapai Rp. 123 juta per tahun, sedangkan setiap tahun terdapat dua siklus pemeliharaan.


“Saya nilai cukup memuaskan, karena target produktivitas tercapai dan meningkat hampir 300 persen, dari awal sebelum intervensi program sebanyak 500 kg per hektar, menjadi 2.800 kg per hektar. Teknologi yang dikenalkan BBPBAP Jepara terbukti efisien, dengan rata rata konversi pakan (FCR) 1,13. Ini awal yang menggembirakan, terlebih permintaan bandeng mulai terbuka lagi pasca puncak pandemi Covid-19,” ujarnya


Prospek budidaya bandeng ini diharapkan mendongkrak perekonomian masyarakat Jepara. Apalagi dalam waktu dekat akan dibangun rumah produksi karena bandeng memiliki varian olahan yang banyak. Dengan demikian bandeng tidak hanya bisa dijual dalam kondisi segar ke luar daerah. Tetapi juga bisa diolah sendiri, sehingga nilai tambah produk lebih terasa.


Dirjen Perikanan Budidaya KKP juga berencana menjadikan Desa Ujung Watu sebagai Kampung Bandeng Bumi Kartini. Nantinya, semua proses dari produksi hingga distribusi dilakukan secara terpusat. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda