Hasil Sidak Komisi A Ke Sumur PDAM Berfungsi Baik, Masih Temukan Keluhan Pelanggan - Liputan Sbm

13 January 2022

Hasil Sidak Komisi A Ke Sumur PDAM Berfungsi Baik, Masih Temukan Keluhan Pelanggan




Jepara - PDAM Tirta Jungporo Jepara dalam pelayanannya sering dikeluhkan pelanggan, seperti kualitas air dan aliran air yang kerap tak lancar. Guna memberikan pelayanan ke masyarakat, Komisi A DPRD Kabupaten Jepara melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa titik sumur PDAM milik Perumdam Tirta Jungporo pada hari Senin 10/1/2022. Kunjungan ini salah satu upaya agar Pemerintah Kabupaten Jepara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyediaan air bersih di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Kamis (13/1/2022)


Padmono Wisnugroho, SH Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jepara mengatakan saat dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) rombongan Komisi A ditunjukkan lokasi sembilan sumur PDAM. Semua sumur dikatakan berfungsi dengan baik.


“Tapi kenyataannya tidak demikian. Yang terjadi di Desa Ujungpandan ini membuktikan bahwa kinerja PDAM harus dipacu untuk ditingkatkan,” ujar Wisnu panggilan akrabnya.


Lebih lanjut Wisnu menambahkan, Direksi Perumdam Tirta Jungporo jangan hanya berencana untuk menambah jumlah sambungan pelanggan, tetapi yang perlu dilakukan adalah pembenahan sistem jaringan pipa. Serta menambah sumur baru supaya pasokan air untuk pelanggan lancar.


“Sumur sebagai sumber air haruslah segera ditambah agar debit air mampu memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Wisnu yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Jepara.


Padmono Wisnugroho, SH menjelaskan dalam memberikan pelayanan kita tidak bisa memuaskan semua masyarakat, tapi bagaimana kita terus berusaha agar maksimal untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebagai perusahaan milik daerah Perumdam Tirta Jungporo harus terus berbenah. Orientasi PDAM semestinya tidak hanya pada keuntungan saja. Namun, harus mengutamakan pelayanan pada masyarakat dengan kinerja yang berprinsip efisiensi dan produktivitas.


“Ada beberapa kondisi yang pelayanan mungkin belum bisa baik, karena infrastruktur kita, justru kedepan diarahkan untuk diperbaiki yang kekurangan termasuk pipa pipa ini banyak tua dan mereka pihak PDAM lagi programkan mengganti beberapa titik pipa supaya distribusi air,” jelas Politisi dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem).


Seperti diketahui, Padmono Wisnugroho, SH turun tangan langsung mengecek masalah pelayanan air PDAM di Desa Ujungpandan setelah ada keluhan dari warga. Dimana aliran air PDAM di desa tersebut tidak lancar. Air yang keluar dari pipa PDAM hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda