Bupati Ikut Membaur Dengan Petani, Semarakan Panen Raya Semangka - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

24 April 2022

Bupati Ikut Membaur Dengan Petani, Semarakan Panen Raya Semangka




Jepara - Bupati Jepara Dian Kritiandi hadir bersama petani melaksanakan kegiatan panen raya buah semangka Sabtu 23/4/2022 di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Minggu (23/4/2022).


Bupati Jepara dalam kegiatan di dampingi Petinggi Tubanan H. Untung Pramono, ADM Perum Perhutani KPH Pati Arif Fitri Saputra S.Hut, PT. PLN TJB, Ketua LMDH Tunas Agung Desa Tubanan Mintarno, Babinsa Bangsri. 


Buah semangka yang ditanam para petani ini melalui program Agroforestry kerjasama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tunas Agung Desa Tubanan dan Perum Perhutani KPH Pati ini, berhasil memanen semangka di luas lahan 23,5 hektar. Dengan nilai produksinya mencapai 24 ton per hektar. Buah semangka dipasarkan di berbagai pasar di luar Jepara.

 

“Saya sangat senang dengan adanya program agroforestry antara LMDH dan Perhutani. Dimana setiap dua bulan mereka mampu memanen buah semangka,” kata Bupati Andi. 

 

Kerjasama ini merupakan langkah luar biasa untuk pengembangan lahan di Desa Tubanan yang bernilai ekonomi. Sehingga patut untuk diberikan perhatian. Dengan panen ini menunjukkan jika petani telah bekerja keras untuk lebih mandiri dan sejahtera.

 

“Masyarakat yang biasanya mencari rumput dan kayu bakar, dengan fasilitas perhutani mereka mampu memberdayakan kelompok untuk memperbaiki ekonominya,” imbuh Andi. 

 

“Kita akan dorong BUMN dan para pihak lain untuk membantu menyediakan genset untuk membantu pengairan lahan pertanian ini,” jelas Andi. 


Ketua LMDH Tunas Agung Desa Tubanan Mintarno mengatakan, dari luas lahan 23,5 hektar yang  dipanen mampu menghasilkan 24 ton per hektar dengan hasil Rp. 35 juta rupiah. Ada 153 petani yang mengolah lahan Agroforestri dengan masing-masing petani mendapat bagian 0,25 hektar lahan. 

 

“Untuk biaya operasional seperti pupuk dan benih menghabiskan Rp. 25 juta. Masih ada keuntungan bersih untuk petani Rp.10 juta rupiah,” jelas dia.


ADM Perum Perhutani KPH Pati Arif Fitri Saputra S.Hut hadir dalam Kegiatan Panen Raya Semangka menyampaikan,  Luas Hutan yang bisa dikerjasamakan dengan LMDH bisa sampai luasan 775 Ha dan tidak hanya ditanami Semangka saja tapi juga bisa ditanami Buah-buahan yang Produktif.


Bupati Andi juga Politikus PDIP menanggapi keluhan kelompok Tani LMDH Tunas Agung menyampaikan, terkait kesulitan Petani untuk mendapatkan Pupuk Bersubsidi dijanjikan paling lambat bulan Juli 2022 petani petani tersebut sudah mendapatkan Kartu Tani agar bisa mendapatkan Pupuk Bersubsidi.


Bupati Andi minta kepada PT. PLN TJB yang selama ini membantu Kelompok Tani tersebut untuk di tingkatkan bantuannya lewat CSR (Corporate Social Responsibility) agar harapan Petani yang semula panen dua kali dalam setahun bisa panen Empat kali dalam Setahun sehingga kesejahteraan Petani bisa meningkat.


Di akhir Sambutannya Bupati Andi mengajak para Anggota Kelompok untuk Rukun dan Saling Bergotong Royong dan bila ada sesuatu agar di Musyawarahkan. #liputansbm


Pewarta : Edy Putra

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda