Bupati Jepara Tegaskan, Kembali Menggelar Larungan dan Pesta Lomban 2022 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

07 May 2022

Bupati Jepara Tegaskan, Kembali Menggelar Larungan dan Pesta Lomban 2022




Jepara - Pemerintah Kabupaten Jepara kembali menggelar tradisi Larungan dan Pesta Lomban 2022. Sejak dua tahun terakhir, tradisi Larungan diselenggarakan secara sederhana. Sementara tradisi Pesta Lomban ditiadakan lantaran pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Andi Kristiandi Bupati Jepara Jawa Tengah. Jum'at (6/5/2022).


Pesta Lomban merupakan sedekah laut yang berupa tradisi larung kepala kerbau di laut yang dilaksanakan pada tanggal 8 bulan Syawal tahun Hijriah dan diikuti oleh seluruh nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan menggunakan perahu besar maupun kecil.


Masyarakat pesisir pantai di Kabupaten Jepara memiliki tradisi Larungan dan Pesta Lomban. Tradisi itu dilaksanakan pada tujuh hari setelah Lebaran. Tahun ini, tradisi Larungan dan Pesta Lomban akan dihelat secara meriah. Rangkaian tradisi Larungan akan dilaksanakan sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Itu ziarah makam leluhur, pemotongan kerbau, dan pentas wayang kulit.


Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, "Larungan dan Pesta Lomban akan diselenggarakan pada awal pekan depan, Senin 9 Mei 2022. Tradisi Larungan akan diawali dengan berziarah ke makam leluhur Kelurahan Ujungbatu. Lalu dilanjutkan pemotongan kerbau di rumah pemotongan hewan.


“Kerbau yang disembelih dagingnya dimasak untuk dimakan bersama-sama seluruh warga pada malam hari saat pertunjukan wayang kulit. Kemudian pagi harinya, kepala kerbau dilarung ke tengah laut,” kata Bupati. Kamis, (5/5/2022).


Usai larung kepala kerbau dilanjutkan dengan tradisi Lomban di Pantai Kartini. Festival Kupat Lepet tahun ini kembali dihadirkan di perhelatan Lomban. Dua gunungan ketupat dan lepet disiapkan. Nantinya, gunungan ketupat dan lepet akan diperebutkan warga.


“Juga pentas kesenian seperti tari gambyong untuk penyambutan, tari kupat lepet, ada seni bela diri pencak silat yang akan menampilkan atraksi simbol kekuatan nelayan,” kata Andi.


Sebagai penutup, usai sajian atraksi kesenian dua gunungan ketupat dan lepet dimunculkan. Selanjutnya, ketupat dan lepet jadi rebutan warga. #liputansbm


Pewarta : Puji S


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda