Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Laksanakan Pelatihan Tranformasi Digital Menuju Koperasi Modern - Liputan Sbm

13 June 2022

Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Laksanakan Pelatihan Tranformasi Digital Menuju Koperasi Modern





PALANGKA RAYA - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan pelatihan Tranformasi Digital Menuju Koperasi Modern bagi Pengelola Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tahun 2022 di Neo Hotel Palma Kota Palangka Raya, Senin (13/6).

"Koperasi memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota, pelaku usaha, dan masyarakat di sekitarnya. Melalui koperasi, para pelaku usaha maupun masyarakat dapat memperoleh akses untuk modal usaha serta kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengembangan usaha," ucap Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S. Ampung saat membuka pelatihan Transformasi Digital Menuju Koperasi Modern bagi Pengelola Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI).

Oleh karena itu, agar dapat terus mengoptimalkan peran strategis ini, koperasi dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui digitalisasi koperasi. 

Signifikansi digitalisasi koperasi, sejalan dengan tantangan era Revolusi lndustri 4.0, yang menuntut seluruh kegiatan ekonomi bergeser dari metode konvensional menjadi lebih modern. 

Pandemi Covid-19 juga turut mengakselerasi pergeseran tersebut. Dimana kegiatan usaha dan ekonomi berubah dari yang semula offline menjadi online dan penggunaan teknologi digital yang lebih masif.

"Dalam upaya mendukung dan mengoptimalkan penerapan platform digital pada pengelolaan koperasi di Kalteng melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Provinsi Kalteng telah memprogramkan pelatihan sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini," lanjut Leonard. 

Sehingga pelatihan tersebut dapat berkontribusi nyata dalam mendorong digitalisasi koperasi di daerah menuju koperasi modern, yang mampu beradaptasi dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman, sehingga dapat terus berusaha dan mampu bangkit untuk menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Hj. Norhani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dilaksanakan mulai dari 12 hingga 16 Juni 2022 dengan jumlah peserta 30 orang. Dilaksanakan secara panel, diskusi dan tanya jawab dalam kegiatan tersebut. 

"Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pengelola KPRI tentang transformasi Digital Menuju Koperasi Modern dalam Pengelolaan Koperasi," ucapnya. 

Setelah selesai mengikuti Pelatihan para peserta diharapkan mengerti dan memahami tentang Yang dimaksud dengan transformasi digital dalam Pengelolaan Koperasi. Prinsip Pengelolaan Koperasi berbasis digital dan Pengelolaan Manajemen Keuangan Koperasi berbasis digital. 

Selain itu peserta kegiatan diharapkan ikut serta dalam pengembangan Bisnis Model Koperasi berbasis digital dan mengenal apa itu Platform digital koperasi. Serta mampu mempraktekan dalam pengelolaan koperasi berbasis digital, Mampu mengoptimalisasi usaha koperasi berbasis digital.

"Serta mampu mengetahui sumber permodalan koperasi. Mampu menyusun Rencana Kerja RAPBK koperasi," pungkasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda