MES Kalteng Laksanakan FGD Sekaligus Penyerahan SK Pengganti Antar Waktu Ketua II PW MES Kalteng - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

14 June 2022

MES Kalteng Laksanakan FGD Sekaligus Penyerahan SK Pengganti Antar Waktu Ketua II PW MES Kalteng

 





PALANGKA RAYA - Dalam rangka membangun dan menumbuhkan ekosistem Ekonomi Syariah di Kalimantan Tengah (Kalteng) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sekaligus penyerahan SK Pengganti Antar Waktu Ketua II PW MES Kalteng, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan yang mengusung tema "Kolaborasi Menumbuhkan Semangat Ekosistem Ekonomi Syariah di Provinsi Kalimantan Tengah" ini dilaksanakan di Aula Asmaul Husna IAIN Palangka Raya.

Ketua PW MES Kalteng, Fahrizal Fitri dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan telah dilaksanakannya FGD tersebut semua pihak diharapkan saling berkolaborasi untuk membangun ekosistem ekonomi syariah di Kalimantan Tengah.

"Diharapkan melalui kegiatan kita pada hari nantinya dapat menjadi forum yang membangun kekuatan sehingga terbangunnya kolaborasi dan sinergi dari masing-masing sektor untuk menjalankan ataupun melakukan literasi edukasi ataupun menerapkan ekonomi syariah di Kalimantan Tengah," kata Fahrizal Fitri.

Lebih lanjut dikatakannya, nanti akan ada energi dari masing-masing sektor untuk Bagaimana menjalankan ataupun melakukan literasi edukasi ataupun menerapkan ekonomi syariah di Kalimantan Tengah.

"Nah ini adalah kesempatan kita untuk memajukan sebuah komponen dan kekuatan Ekonomi syariah di Provinsi Kalimantan Tengah," tambahnya.

Selain itu, Fahrizal Fitri menambahkan, fokus utama MES Kalteng saat ini adalah membangun literasi dan edukasi keuangan serta juga produk syariah di Kalteng.

"Fokus utama kita adalah bagaimana membangun literasi dan edukasi keuangan di Kalimantan Tengah dan yang utama adalah juga berkenaan dengan bagaimana kita melakukan pendampingan kepada usaha online bagaimana mereka memperoleh sertifikasi halal berbagai macam sudah dilakukan oleh pemerintah melalui regulasi regulasi," tegasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnisn Islam IAIN Palangka Raya, Ali Sibram Malisi yang baru saja menjabat sebagai Ketua II MES Kalteng menyampaikan, kolaborasi MES bersama dengan pihak terkait bukan hanya menemukan manfaat tetapi juga produktivitas literasi produk syariah.

"Mudah-mudahan MES ini semakin maju, semakin terdepan dan semakin nyata perannya di Kalimantan Tengah," tutupnya. 

Hadir dalam FGD ini Ketua MES Kalteng, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, Kepala BEI Kalteng Rihando, Plt. Badan POM Palangka Raya Yani Ardianti, Perwakilan MUI Kalteng, Kemenag Kalteng serta pihak terkait lainnya. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda