Wagub Buka Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai Tahun 2022 - Liputan Sbm

04 August 2022

Wagub Buka Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai Tahun 2022




PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo secara resmi telah membuka kegiatan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai tahun 2022 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalteng pada tanggal 4 sampai 7 Agustus 2022, Kamis (4/8).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya menyambut baik diselenggarakannya Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai ini. Apalagi festival ini dirangkai dalam berbagai kegiatan kreatif untuk mengangkat Pariwisata dan UMKM Kalteng," ujar Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

Menurutnya, Festival tersebut bukan hanya mengenalkan potensi pariwisata dan produk UMKM unggulan, tetapi juga menumbuhkan kepedulian dan sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan pariwisata dan UMKM Kalteng, setelah terpukul akibat pandemi COVID-19.

"Menjadi harapan kita semua, kegiatan strategis Festival Pesona Tambun Bungai ini akan makin menguatkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan perekonomian Kalteng, khususnya industri kreatif pariwisata dan UMKM," ungkapnya.

Selain itu, Wagub juga mengapresiasi sinergi dan kontribusi nyata BI Kalteng yang selama ini turut serta dalam mendukung perekonomian di wilayah Kalteng, khususnya pada sektor pariwisata dan UMKM.

Untuk diketahui, pada bidang UMKM, Bank Indonesia sendiri telah aktif melakukan pembinaan terhadap UMKM, baik sektor kerajinan maupun pangan, dan melaksanakan berbagai pelatihan untuk mendorong UMKM naik kelas, melalui pelatihan onboarding, fasilitasi sertifikasi halal dan fasilitasi pameran UMKM, nasional hingga ke manca negara.

Kemudian, di bidang pariwisata, Bank Indonesia juga telah menyalurkan Program Sosial dalam rangka mendorong peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung kebangkitan pariwisata Kalimantan Tengah.

"Sekali lagi, keberhasilan segala program strategis pembangunan dan perekonomian, khususnya sektor UMKM dan pariwisata, perlu dukungan kita semua. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Keterlibatan asosiasi UMKM dan pariwisata daerah, perbankan, akademisi, dunia usaha, dan elemen masyarakat sangat penting, untuk bersama-sama berbuat sesuai perannya masing-masing, membangun ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng," demikian Edy.

Pewarta : Antonius Sepriyono - Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda