Dinkes Kalteng Gelar Workshop Sosialisasi Telemedicine - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

04 August 2022

Dinkes Kalteng Gelar Workshop Sosialisasi Telemedicine





PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Telemedicine di Aquarius Boutique Hotel, Kamis (4/8/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa Telemedicine adalah pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh profesional kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun hal tersebut meliputi pertukaran informasi diagnosis, pengobatan, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi serta pendidikan berkelanjutan penyedia layanan kesehatan untuk kepentingan peningkatan kesehatan individu dan masyarakat.

"Telemedicine merupakan metode baru pelayan kesehatan dalam rangka memperluas jangkauan hingga pelayanan," katanya.

Menurut Suyuti, dimasa perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat maju seperti sekarang ini sudah bukan zamannya lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan masih menggunakan cara-cara yang konvensional.

Selain itu Suyuti juga mengungkapkan bahwa dengan Telemedicine misalkan dalam suatu daerah tidak ada dokter ahli speasialis radiologi maka RS dapat melakukan rontgen dan kemudian hasil rontgennya dapat dikirimkan ke RS yang ada dokter spesialis radiologi lalu kemudian dibaca dan dikembalikan dengan pendapat ahli. 

"Sehingga diagnosa dan pengobatan menjadi lebih tepat. Sudah bukan zamannya lagi kita mengobati orang dengan pendekatan kira-kira. Semua harus ada bukti-bukti dan itu juga dalam rangka mendukung yang disebut dengan Best Evidence Medicine," demikian Suyuti.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda