Dinas Kehutanan Terus Lakukan Upaya Untuk Bangun Ketahanan Pangan - Liputan Sbm

03 December 2022

Dinas Kehutanan Terus Lakukan Upaya Untuk Bangun Ketahanan Pangan




PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) melakukan pemantauan kawasan hutan dengan menggunakan drone yang nantinya akan dilakukan pemetaan lokasi untuk membangun ketahan pangan di wilayah Kalteng.

"Yang jelas itu adalah program kita di tahun 2022 ini untuk meningkatkan kapasitas SDM rekan-rekan penyuluh dan kelompok tani yang mana nantinya mereka akan mampu memetakan lokasi untuk mendukung ketahanan pangan," kata Plt Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Agustan Saining ketika dibincangi oleh sejumlah media di Palangka Raya.

Seluruh KPH punya wilayah tertentu untuk misalnya peningkatan kelestarian kawasan seperti tidak dilakukan penebangan untuk fungsi konservasi dan fungsi lindung.

"Jadi intinya begitu, dan fungsi dari dipetakan tersebut nantinya akan membantu ketahanan pangan," ungkapnya.

Sementara itu, Agustan menyebut realisasi DHB DR untuk tahun depan bisa di berikan untuk program strategis lainnya.

"Jadi ada lima instansi disitu. Dinas Sosial berupa bantuan langsung tunai, kemudian Dinas Pariwisata untuk wisata alam sekitar hutan, Dinas Koperasi dan UMKM berupa bantuan untuk kegiatan UMKM yaitu usaha dan Dinas Tenaga Kerja untuk Diklat tenaga kerja baik perhutanan sosial maupun sekitar kawasan sementara itu untuk insentif pengelolaan lingkungan oleh Biro Ekonomi. DBH DR dulu itukan khusus untuk kehutanan saja untuk RHL, Tahura, penghijauan dan lainnya dan sekarang bisa digunakan untuk program strategis lainnya," demikian Agustan.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda