Disbun Kalteng Turunkan Brigade Untuk Antisipasi Potensi Karhutla - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

20 March 2023

Disbun Kalteng Turunkan Brigade Untuk Antisipasi Potensi Karhutla

Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Rizky R. Badjuri





PALANGKA RAYA - Berdasarkan peringatan dini yang disamapikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilik Riwut bahwa kemarau tahun 2023 ini akan lebih kering dari 3 tahun sebelum. 

Dimana, Lanina sudah berakhir di perkirakan bulan Maret 2023 ini dan antara bulan Mei sampai Juni dan September 2023 akan datang musim kering atau Elnino, sehingga patut diwaspadai agar tidak terjadi Karhutla.

Terkait dengan hal itu, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen dalam mendukung penanganan dan antisipasi terjadinya Karhutla di Kalimantan Tengah dengan menurunkan Brigade sebagai langkah awal penanganan Karhutla.

"Kita dari Dinas Perkebunan membantu menurunkan Brigade dalam menambah kesiapan menangani karhutla, sehingga dengan penambahan tersebut menjadi langkah awal dalam pencegahan Karhutla," ucap Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Rizky R. Badjuri, Minggu (19/3/2023).

Sambung Rizky, selain pihaknya dari Dinas Perkebunan Kalteng yang menyiapkan Brigade, pihak Perusahaan Besar Sawit (PBS) juga sudah menyiapkan Brigade dalam upaya menangani Karhutla.

"Mudah-mudahan beberapa Brigade dari Perkebunan, dari kesiapan di Dinas, dan kesiapan di teman-teman PBS Perusahaan Besar Sawit itu menambah kekuatan kesiapan karhutla sehingga tidak menjadi bencana yang membesar," katanya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda