DPN Gerdayak Indonesia Peringati HUT ke-13 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

28 May 2023

DPN Gerdayak Indonesia Peringati HUT ke-13

PALANGKA RAYA - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia menggelar peringatan HUT ke-13 Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Balai Berkah Korem 102 Panju Panjung tersebut juga dirangkai dengan pelantikan DPP Gerdayak Indonesia Kalimantan Tengah Masa Bakti Tahun 2022 - 2027 dan Caretaker DPP Gerdayak Indonesia Kalimantan Selatan, Minggu (28/5/2023).

Dalam laporannya Ketua Satgas HUT Gerdayak Indonesia, H. Agustan Saining menyampaikan kegiatan ini mengambil tema "Gelorakan Semangat Kebangsaan Untuk Membangun Dayak yang bermartabat".

"Salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah, optimalisasi pembangunan daerah dan Indonesia pada umumnya. Selain itu, Gerdayak Indonesia juga mendukung upaya pembangunan secara nasional, salah satunya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN (Ibukota Negara)," ucapnya.

Lanjutnya, Gerdayak Indonesia juga memfasilitasi permasalahan yang terjadi dalam masyarakat Dayak, termasuk penyelesaian sengketa dan juga permasalahan-permasalahan lainnya. Sehingga pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh masyarakat karena telah memberikan ruang gerak bagi Gerdayak Indonesia DPN Pusat, DPP Kalteng, DPP Kalsel dan DPK Gerdayak Kabupaten/Kota se- Kalteng. 

Tentunya hal tersebut tidak lepas dari tujuan agar tercipta gerak langkah yang terpadu antara Gerdayak dalam melaksanakan program-program nya. Sehingga pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Ketua Umum DPN Gerdayak Yansen A. Binti dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kepengurusan Gerdayak Indonesia ini sudah terbentuk di seluruh Provinsi Kalimantan, DKI Jakarta, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara, serta Pemegang Mandat pada Provinsi Banten, Jambi dan Jawa Barat.

Yansen menyebut, Gerdayak sudah 13 Tahun lebih berkiprah bagi Masyarakat Dayak, dengan segala Kekurangan dan Kelebihan nya, suka duka telah dilewati bersama oleh segenap Pengurus dan anggota Gerdayak yang telah mengikrarkan tekadnya untuk berbuat yang terbaik bagi Dayak dengan tetap teguh mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai harga mati.

"Adapun progres Gerdayak sampai sekarang, DPN Gerdayak Indonesia telah berusaha mendorong agar terbentuknya sayap Organisasi Gerdayak di setiap Provinsi, dalam rangka akselerasi pelaksanaan program masing-masing bidang di setiap Provinsi," ungkapnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Kalteng  Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda  Kalteng Katma F. Dirun dalam sambutannya mengatakan dengan HUT yang ke-13 Gerdayak Indonesia diharapkan dapat menjadi mitra strategis pemerintah. 

"Selamat Ulang Tahun yang ke-13 Gerdayak Indonesia, semoga semakin jaya dan dapat berkontribusi pada pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya," katanya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda