Berikut 17 Perusahaan Aktif Salurkan CSR Pada Pemko Palangka Raya - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

17 November 2023

Berikut 17 Perusahaan Aktif Salurkan CSR Pada Pemko Palangka Raya



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Tanggung jawab Sosial dan lingkungan perusahaan (TJSLP), dimana ini merupakan sebuah Komitmen dan Kepedulian pihak swasta atau Perusahaan dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Adapun kegiatan ini sering dikenal secara umum dengan sebutan CSR (Corporate Social Responsibility). Jumat, 17/11/2023.

Berdasarkan Undang-undang nomor 40 tahun 2007, tentang perseroan terbatas pasal 1 ayat 3 yang mengatakan, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Perseroan, untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Kota Palangka Raya sendiri dalam hal ini Pemerintah, selama ini mendapatkan CSR dari 40 perusahaan yang aktif dalam menyalurkan bantuannya. Yang Mana itu semua di bidang si salurkan ke lingkungan hidup, sosial, kesehatan, pendidikan, keagamaan, perekonomian, sarana prasarana dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Pemko Palangka Raya Apresiasi Komitmen Perusahaan dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Di acara pertemuan tahunan Forum TJSLP Palangka Raya tahun 2023, yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG), telah memilih 17 perusahaan yang berhak mendapatkan penghargaan, atas dedikasinya dalam memberikan bantuan kurun waktu 2019-2023.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Pj. Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu kepada empat perusahaan secara simbolis yakni, PT. indomarco Prismatama (Indomaret), PT. Taspen Persero cabang Palangka Raya, PT. Bank Kalteng cabang utama, dan PT. PLN persero UPT Kalselteng. 

“forum CSR ini sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir. Adapun keberadaan forum ini setiap tahun kita perkuat, baik dari sisi kepesertaan maupun dari sisi kuantitas yang kita kelola, “ Ucap PJ. Wali Kota kota Palangka Raya saat diwawancarai awak media setelah usai acara pertemuan tahunan Forum TJSLP Kota Palangka Raya tahun 2023, di Swiss-belhotel Kota Palangka Raya. Kamis, (16/11).

Forum ini terbentuk berdasarkan perda dan perwali, serta diharapkan dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang belum tercover oleh APBD. Dimana prinsipnya adalah kolaborasi, dimana semua pihak ikut serta dalam pembangunan, dan ikut serta mengatasi isu-isu yang ada di masyarakat Kota Palangka Raya, “ Pungkasnya. 

Adapun 17 perusahaan yang aktif dalam memberikan bantuan CSR nya serta mendapat penghargaan dari pemerintah Kota Palangka Raya antara lain: 

  1. PT. PLN (Persero);
  2. PT. Bank Pembangunan Kalteng;
  3. PT. Taspen (Persero) cabang Palangka Raya;
  4. PT. Indomarco Prismatama (Indomaret);
  5. PT. Mitra Putra Profitamas;
  6. PT. Borneo Eka Sakti Tangguh;
  7. PT. Mitra Agro Persada Abadi;
  8. PT. Angkasa pura II KC Tjilik Riwut;
  9. PT. Karya Halim Sampoerna;
  10. PT. Calang Sejati Indah;
  11. PT. Cahaya Puspita Raya (Metos);
  12. PT. Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah;
  13. Perumdam Palangka Raya;
  14. Bank Indonesia;
  15. PT. Sembilan Tiga Perdana;
  16. Siloam Hospitals Palangka Raya; dan
  17. PT. Delta Abadi Sentosa TVS
Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda