Sekda Kalteng Mendorong Inovasi dan Sinergi dalam Pembangunan Kota Palangka Raya - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

04 December 2023

Sekda Kalteng Mendorong Inovasi dan Sinergi dalam Pembangunan Kota Palangka Raya

Foto bersama usai pelantikan Pj Sekda Kota Palangka Raya.
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Sekda Kalteng, H. Nuryakin menghadiri acara pelantikan Pj Sekda Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Walikota Palangka, Senin (4/12/2023).

"Selamat kepada Bapak Joni Harta yang baru saja dilantik, pelantikan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya," kata Nuryakin saat menyampaikan sambutannya.

Nuryakin menyebut, jabatan Sekretaris Daerah menjadi ujung tombak pemerintahan di tingkat daerah, bertugas membantu Walikota dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif lainnya.

Ia juga menekankan pentingnya fokus pada pencapaian target dalam RPJMD Kota Palangka Raya, sejalan dengan Program Pembangunan Prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam konteks mendukung kinerja Pemerintah Kota Palangka Raya, Nuryakin mendorong Pj. Sekretaris Daerah untuk memotivasi seluruh ASN dan Tenaga Kontrak agar bekerja lebih keras, menguasai aturan, dan teknologi guna mendukung pembangunan di Kota Palangka Raya.

Ia menggarisbawahi pentingnya sinergi antara Pemerintah Kota, Provinsi, dan Kabupaten sekitar untuk mencapai kemajuan yang paripurna.

"Kita semua menyadari dalam membangun Kota Cantik Palangka Raya akan lebih paripurna jika bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah serta berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten sekitar sehingga terjalin harmoni dalam percepatan Pembangunan Daerah," ungkapnya.

Melihat tantangan dan tuntutan ke depan, Nuryakin menekankan perlunya inovasi dan peningkatan kompetensi Pj. Sekretaris Daerah.

Koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder di daerah dianggap kunci untuk mendukung kebijakan pembangunan. Loyalitas, integritas, dan kesiapan menerima kritik yang membangun juga dianggap sebagai sikap yang harus dijunjung tinggi sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.

Dengan momen politik strategis pada tahun 2024, termasuk Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden, Legislatif, dan Pilkada Serentak, Nuryakin menyoroti beberapa hal, seperti antisipasi konflik horizontal, menjaga netralitas ASN, dan intensifikasi kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Program strategis termasuk penanganan Karhutla, penanganan inflasi, dukungan investasi, serta pembangunan berbagai proyek infrastruktur menjadi fokus untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Dengan berbagai tantangan tersebut, Nuryakin mengajak untuk terus berinovasi dan memanfaatkan potensi daerah agar capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih optimal.

Ia menekankan perlunya berdayakan masyarakat melalui program-program inovatif di berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian, UMKM, dan sosial, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda