Pembukaan Komunitas Fest X dan Penutupan Kejuaraan Tarkam di Palangka Raya 2024 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

16 June 2024

Pembukaan Komunitas Fest X dan Penutupan Kejuaraan Tarkam di Palangka Raya 2024



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya, - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Palangka Raya menggelar acara pembukaan Komunitas Fest X sekaligus penutupan Kejuaraan Tarkam di Kota Palangka Raya. Acara ini pun berlangsung meriah di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 pada Sabtu malam (15/06/2024).

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Bellacoustic Indonesia, Karungut, dan tarian dari sanggar Renteng Tingang. Hadir dalam acara tersebut Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu; Asisten Deputi Karakter Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Esa Sukmawijaya, SP., M.S; Sekda Kota Palangka Raya, Zaini; dan seluruh Kepala SKPD di lingkungan Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya, Esa Sukmawijaya menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah memberikan arahan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga untuk melaksanakan Program Tarkam, yaitu Pertandingan Olahraga antar Kampung. 

Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, hanya 75 kota yang dipilih untuk melaksanakan program ini, salah satunya adalah Kota Palangka Raya. "Kota Palangka Raya adalah kota pertama yang melaksanakan pertandingan antar kampung dan pameran Komunitas Fest X," ucapnya.

Esa berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan komunitas pemuda dan kreativitas di Kota Palangka Raya. "Kegiatan komunitas fest ini hanya diadakan di tujuh kota, dan Palangka Raya adalah yang pertama kali mengadakannya," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya sangat bangga dengan terobosan yang dilakukan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Palangka Raya dalam bidang olahraga dan kepemudaan. 

Implementasi Program Unggulan Menteri Pemuda dan Olahraga, yaitu TARKAM dan Komunitas Fest X (KOMFEST), dilaksanakan di 100 titik se-Indonesia, termasuk di tujuh daerah yang menjadi pelopor KomFest, dengan Palangka Raya sebagai kota pertama.

"Dua program ini merupakan barometer dan kita patut berbangga diberi kepercayaan untuk melakukan kolaborasi untuk kedua program unggulan Kemenpora RI di Kota Palangka Raya. Sehingga dari kegiatan ini dapat memicu masyarakat di kota Palangka Raya," katanya.

Hera juga menekankan bahwa Komunitas Fest X merupakan perhatian langsung dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, sehingga pelaksanaan kegiatan ini adalah bentuk sinergi dalam implementasi pemberdayaan, penyadaran, dan pengembangan pemuda melalui komunitas-komunitas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik sekaligus menghibur agar saling berjejaring dan belajar bersama. 

"Dengan demikian, kita dapat membangun keolahragaan nasional dengan pondasi yang kokoh, yakni budaya olahraga yang tumbuh dan kuat serta hidup sehat bugar dalam aktivitas sehari-hari," pungkasnya.

Pewarta: Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda