Kerjasama Strategis Pemkot Palangka Raya dengan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

01 July 2024

Kerjasama Strategis Pemkot Palangka Raya dengan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Acara seremonial penandatanganan kesepakatan kerjasama dan kuliah umum antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya dengan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. Yang di gelar di Auditorium Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

Acara ini mengusung tema "Kebijakan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan", 

Adapun kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Mars Khendra Kusfriyadi, serta jajaran lainnya. Senin (01/07/2024) 

Dalam sambutannya, Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu menyatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang sudah terjalin antara Pemkot Palangka Raya dan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. 

"Kerjasama ini telah berjalan, dan hari ini adalah momen untuk menguatkan komitmen bersama serta memperjelas program-program yang akan dilaksanakan. Ini juga bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah dengan dunia pendidikan," ujarnya di hadapan media.

Hera Nugrahayu menekankan bahwa sektor kesehatan adalah urusan wajib pelayanan dasar yang sangat penting bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. 

"Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," jelasnya.

Ia juga menambahkan, Kota Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, yang nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara, memiliki banyak sektor yang harus ditingkatkan, salah satunya adalah kesehatan. 

"Saat ini, seluruh puskesmas di Kota Palangka Raya sudah terakreditasi. Saya juga berharap mahasiswa saat ini harus melek digitalisasi," tambahnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Mars Khendra Kusfriyadi, mengungkapkan bahwa sebagai perguruan tinggi di bidang kesehatan di Kalimantan Tengah, Poltekkes Kemenkes Palangka Raya akan selalu berkontribusi sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu mendidik, melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Mahasiswa Poltekes Palangka Raya sebelum lulus akan melakukan praktek lapangan di puskesmas Palangka Raya dan rumah sakit. Selain itu, Poltekes Palangka Raya juga melakukan penelitian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Mars Khendra Kusfriyadi berharap dengan perjanjian kerjasama ini dapat menguatkan sinergitas dan kolaborasi antara Pemkot Palangka Raya dengan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

Kebijakan Pemkot Palangka Raya dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) menekankan pentingnya memiliki sumber daya kesehatan yang kompeten dan berkualitas untuk mewujudkan kesehatan yang optimal. 

Upaya peningkatan kapasitas SDM merupakan langkah strategis yang tidak hanya berdampak pada pelayanan kesehatan tetapi juga pada penguatan kualitas hidup di kota ini.

Pewarta: Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda