Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 75, HBS Palangka Raya Laksanakan Upacara Bendera - Liputan Sbm

18 August 2020

Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 75, HBS Palangka Raya Laksanakan Upacara Bendera


Palangka Raya - Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 75 tahun Hasanka Boarding School (HBS) Palangka Raya melaksanakan upacara bendera, Senin (17/08/2020) pagi.

Untuk upacara peringatan HUT RI ke 75 kali ini berbeda dengan tahun lalu yang dimana seluruh guru dan siswa HBS Palangka Raya mengikuti upacara secara langsung, namun untuk tahun ini agak sedikit berbeda dikarenakan melaksanakan upacara bendera ditengah pandemi Covid-19.

Untuk diketahui upacara kali ini hanya diikuti oleh para dewan Guru, OSIS SMP IT dan SMA IT yang melaksanakan secara langsung, sedangkan untuk siswa lainnya hanya melaksanakan upacara bendera secara virtual saja.

Walaupun begitu, namun terpantau oleh kamera awak media Online Liputan SBM para guru dan siswa yang mengikuti upacara tersebut tetap bersemangat dalam menjalankan tugas mengibarkan sangsaka merah putih, membacakan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945, dan Pancasila.

Salah satu pengurus HBS Palangka Raya H. Alex Majedi mengatakan, untuk peringatan HUT RI kali ini memang sedikit berbeda biasanya kami setiap tanggal 17 Agustus selalu melaksanakan upacara bendera secara langsung dan mengundang beberapa tamu untuk hadir dalam melaksanakan upacara bendera.

"Kalau yang hadir untuk hari ini sekitar 40 orang saja, dan untuk yang mengikuti secara virtual sekitar 450 orang," ucap pria yang juga merupakan salah satu pengurus Partai Gerindra Kalteng ini.

Lebih jauh disampaikannya, ini sudah menjadi tradisi sekalius acara rutin setiap tanggal 17 Agustus dimana pada tanggal ini adalah tanggal Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya yang disahkan pada 17 Agustus 1945.

"upacara bendera adalah sebuah pernghormatan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau bangsa dan negara atau seseorang yang dianggap memiliki pengaruh besar bagi banyak orang dan bangsa. Penghormatan ini dilakukan dengan berkumpul di suatu tempat dan menaikkan bendera hingga ujung atas tiang sambil melakukan hormat, seperti apapun kondisinya sekarang kita memang wajib melaksanakan upacara bendera," tambahnya menegaskan.


Dari awal hingga akhir kegiatan yang tetap mengikuti protokol kesehatan itu berlangsung secara khidmat dan penuh kekeluargaan. #Liputan SBM



Penulis : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda