Aki Mobil Agar Awet, Tidak Merusak Komponen didalamnya - Liputan Sbm

05 September 2020

Aki Mobil Agar Awet, Tidak Merusak Komponen didalamnya

LiputanSbm.com - Mengisi ulang daya (charging) pada aki akan sia-sia, apabila kemampuan aki menyimpan daya sudah hilang atau soak. Semakin tua aki di mobil anda, semakin turun kualitasnya. Menghindari hal ini anda bisa melakukan perawatan berkala, agar aki awet dan tidak merusak komponen didalamnya. (5/9/20).

Tips merawat aki Mobil berikut, mungkin bisa menjadi solusi agar aki awet tahan lama.

Aki Mobil Agar Awet Tahan Lama, Tidak Merusak Komponen didalamnya

  1. Cek Aki

Pertama lakukan pengecekan aki pada mobil terlebih dahulu, dengan cara menggunakan alat khusus bernama battery load tester. Indikator dari alat tersebut akan menunjukkan besaran daya yang masih dimiliki aki. Untuk lebih mudahnya bisa lakukan pengecekan ke tempat service atau kios charging aki.

Pada aki basah anda bisa cek dengan cara, membuka tutup aki kemudian cek cairan elektrolit yang berada di dalamnya, apabila cairan didalamnya masih terdapat gelembung-gelembung kecil, menandakan aki masih berfungsi dengan baik.

Baca juga : Mau Dashboard Mobil Tidak kusam? Coba Cara Ini 

  1. Cek Terminal Penghubung

Terminal penghubung antara kutub positif dan negatif yang terdapat diatas aki, harus dijaga kebersihannya, jangan sampai terjadi penumpukan karat atau jamur. Apabila terjadi anda tidak perlu khawatir, cara membersihkan cukup mudah. Cukup Siram bagian tersebut dengan air panas dan sambil digosok perlahan menggunakan sikat gigi kemudian biarkan mengering sendiri. 

Cara 1 dan 2 telah anda lakukan, bisa dilanjutkan dengan memanaskan mobil kurang lebih 15 menit.

Apabila mobil didiamkan selama berhari-hari, paling tidak panaskan mobil selama 15 menit per 3 hari sekali agar aki mobil tidak soak. #LiputanSbm

 

Ikuti Tips Lain disini

Penulis: Daerobi


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda